Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, September 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Kerja Dari Rumah

7 Kebiasaan yang Bisa Membantumu Bebas dari Kelelahan Zoom (Bagian 1)

Topcareer.id – Zoom fatigue atau kelelahan akibat Zoom menjadi masalah nyata selama setahun pandemic ini. Bahkan menurut Linda Mota, CEO Topanga HR, ini adalah faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan penyakit mental seperti kecemasan dan kelelahan.

“Kontak mata close-up yang konstan sangat intens dan tidak alami menjadi sulit untuk dipertahankan dalam jangka waktu yang lama. Beban kognitif dalam video call jauh lebih tinggi daripada secara langsung, karena otak kita harus bekerja lebih keras untuk mengirim dan menerima informasi,” kata Mota, mengutip dari Ladders.

Jika kamu mulai merasa lelah karena video call, berikut tujuh kebiasaan yang akan membantumu mengatasi Zoom fatigue, melansir dari Ladders.

1. Beristirahatlah beberapa kali sehari

Menurut Mota, istirahat beberapa kali untuk memulihkan energi sepanjang hari adalah kuncinya. Berikan ruang dalam jadwalmu untuk menjauh dari komputer, makan, atau melakukan aktivitas yang menyenangkan, bahkan untuk beberapa menit setiap kali. Dan hindari pertemuan back-to-back.

“Blokir waktu dalam jadwalmu untuk istirahat dan makan siang di mana kamu dapat bergerak, bermeditasi, mendengarkan lagu favorit atau makan tanpa gangguan. Waktu istirahat ini dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan produktivitasmu sepanjang hari,” katanya.

Baca juga: Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Melamar Pekerjaan Remote

2. Blok waktu 30 menit

Untuk menghindari membebani diri sendiri dan bekerja di malam hari, pastikan untuk memblokir tambahan 30 menit untuk menangani tugas-tugasmu dan mengejar hal-hal seperti email. Ini juga akan membantumu fokus selama rapat tanpa gangguan.

“Jika kamu memiliki videocall pagi hari, cobalah untuk menjadwalkan blok waktu pertamamu setidaknya 30 menit sebelum pertemuan pertama sehingga kamu dapat menanggapi keadaan darurat apa pun atau menyelesaikan tugas mendesak apa pun sebelum kamu memulai harimu. Mengelola waktu secara efektif akan membantumu merasa lebih mengontrol hari,” kata Mota.

3. Memiliki hari tanpa meeting

Mota menyarankan untuk mengadakan satu hari tanpa pertemuan dalam seminggu, di mana kamu dapat bekerja dengan pakaian santai dan tidak khawatir tentang panggilan video. Penting juga untuk memberikan periode pekerjaan yang mendalam dan berkelanjutan di mana kamu dapat memajukan proyek penting.

“Memiliki satu hari dalam seminggu di mana kamu merasa lebih rileks dan mengendalikan harimu akan memberimu waktu dan ruang untuk menangani tugas atau proyek yang membutuhkan perhatian penuh tanpa gangguan,” ujarnya.**(Feb)

Tinggalkan Balasan