Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, April 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ketahui Manfaat dan Efek Samping Menggoreng Tanpa Minyak dengan Teknologi Air Fryer

Topcareer.id – Banyak produsen peralatan memasak yang merancang penggorengan udara atau air fryer untuk menciptakan cara yang dianggap lebih sehat dalam memasak makanan yang digoreng.

Makanan yang digoreng cenderung mengandung lebih banyak lemak daripada makanan yang dimasak dengan cara lain.

Karena air fryer membutuhkan lebih sedikit minyak daripada yang dibutuhkan penggorengan. Para ilmuwan telah mengaitkan asupan lemak dari minyak nabati dengan berbagai kondisi kesehatan.

Bagaimana cara kerja penggorengan udara (air fryer)?

Penggorengan udara bekerja dengan mengalirkan udara panas di sekitar makanan untuk menciptakan kerenyahan yang sama seperti pada makanan gorengan tradisional.

Baca Juga: 8 Trik Mengolah Gorengan Jadi Sedikit Lebih Sehat Saat Disantap

Air fryer melakukannya dengan menghilangkan minyak tinggi lemak dan kalori tinggi dari proses memasak.

Dengan hanya menggunakan 1 sendok makan minyak goreng daripada beberapa cangkir, seseorang akan mendapat hasil yang serupa seperti yang mereka lakukan dengan penggorengan dengan sedikit lemak dan kalori.

Peneliti menyatakan bahwa penggorengan udara menggunakan udara panas yang mengandung tetesan minyak halus untuk mengeluarkan kelembapan dari makanan. Hasilnya adalah produk yang memiliki karakteristik serupa dengan gorengan, meski dengan kadar lemak yang jauh lebih rendah.

Baca Juga: Menyulap Minyak Jelantah Menjadi Sabun Cuci

Air fryer memicu reaksi kimia yang meningkatkan warna dan rasa makanan yang digoreng dengan udara.

Manfaat air fryer
Jika digunakan dengan benar, penggorengan udara menawarkan banyak manfaat yang menyehatkan seperti meningkatkan penurunan berat badan.

Penggorengan udara bisa lebih aman daripada penggorengan biasa, mengurangi risiko pembentukan akrilamida beracun
yang terbentuk dalam makanan tertentu selama metode memasak dengan panas tinggi, seperti menggoreng.

Namun air fryer juga memiliki efek yang merugikan kesehatan
Meskipun penggorengan udara memiliki manfaat, mereka juga memiliki kumpulan efek samping yang unik seperti:

1) Menggoreng dengan air fryer tidak menjamin diet yang sehat.

Meskipun penggorengan ini mampu memberikan pilihan makanan yang lebih menyehatkan daripada penggorengan minyak, namun mengganti semua makanan dengan air fryer tidak menjamin diet yang sehat.

Untuk kesehatan yang optimal, orang harus fokus pada pola makan yang dipenuhi dengan sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan protein tanpa lemak.

2) Menggoreng dengan air fryer dapat menciptakan senyawa berbahaya lainnya.

Sementara penggorengan udara mengurangi kemungkinan pembentukan akrilamida, senyawa berbahaya lainnya masih bisa terbentuk. Hidrokarbon polisiklik aromatik dan heterosiklik amina dapat dihasilkan dari semua proses memasak daging dengan air fryer. Senyawa ini memiliki hubungan dengan risiko kanker, menurut National Cancer Institute.

Penggorengan udara atau air fryer memang mampu membuat makanan yang lebih sehat dari pada gorengan minyak, namun perlu diingat bahwa gorengan tetaplah gorengan. Saat mengonsumsi gorengan berlebihan, akan selalu ada efek kesehatan yang terkait.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan