Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, April 19, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

Sejarah Profesi Tukang Cukur Rambut di Indonesia

Topcareer.id – Tukang cukur atau barber merupakan profesi yang dilakukan seseorang untuk memotong rambut, menghias, menata, memberi gaya rambut laki-laki.

Tempat kerjanya biasa disebut sebagai Pangkas Rambut atau Barbershop yang juga bisa menjadi tempat interaksi sosial.

Profesi ini sudah banyak dan tersebar di seluruh negeri bahkan di dunia. Tetapi tahukah kamu bagaimana awal mulanya tukang cukur ini ada di Indonesia?

Hingga kini masih belum ditemukan catatan pasti kapan pertama kali para tukang cukur rambut muncul di Indonesia. Dari beragam sumber ada yang menyebutkan profesi tukang cukur di Indonesia berasal dari daratan Tiongkok (China).

Sejarah potong rambut diperkirakan sudah ada jauh sebelum Robert Hincliffe asal Inggris menemukan gunting pada tahun 1761.

Baca Juga: Asal Usul Lampu Barbershop Berwarna Merah, Putih dan Biru

Jejak tukang cukur jalanan di Indonesia bisa ditemukan pada dokumentasi foto-foto zaman kolonial Belanda milik KITLV (Koninklijk Instituut voor Taal-, Land- en Volkenkunde) yang berada di Leiden, Belanda.

Terdapat banyak koleksi foto para tukang cukur rambut jalanan di beberapa kota besar Indonesia dalam dokumentasi tersebut mulai periode 1911 sampai 1930-an.

Dilansir dari laman Historia tukang cukur pernah identik dengan orang Madura. Seperti ditulis Muh Syamsuddin dalam jurnalnya berjudul: Agama, Migrasi dan orang Madura pada 2007 lalu.

Baca Juga: Barbershop Tutup akibat Pandemi Covid-19, Gundul Mulai Jadi Pilihan

Dia menganalisa perjalanan migrasi orang-orang dari Madura terjadi akibat konflik antara Trunojoyo dan Amangkurat II pada 1677. Konflik tersebut menyebabkan para pengikut Trunojoyo enggan kembali ke Madura.

Orang Madura akhirnya menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Mereka kemudian memilih mencari nafkah di sektor informal seperti menjadi penjual sate, soto, dan tukang cukur.

Zaman terus berubah, kini telah banyak bermunculan tempat cukur rambut dengan berbagai kelas, mulai dari kelas bawah, menengah hingga kelas atas. Dan uniknya tukang cukur saat ini justru banyak ditemui yang berasal dari Garut, Jawa Barat.

Tempat bercukur juga sekarang sudah sangat bervariasi, dari yang tempatnya paling sederhana sampai yang mewah dan super nyaman.

Profesi ini pun semakin menjanjikan dan makin banyak diminati. Para pelanggan pun kini makin punya banyak pilihan. Tak lagi harus selalu datang ke tempat cukur, mereka juga bisa memesan jasa tukang cukur online dan menunggu di rumah.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan