Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Oktober 26, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

7 Pelajaran Berharga dari Serial “The Queen’s Gambit” (Bagian 1)

Topcareer.id – Banyak orang mengatakan menonton televisi itu hanya membuang-buang waktu.

Tidak juga, selama menonton televisinya memilih dengan benar acara yang berkualitas, sehingga waktu yang kamu punya akan bermanfaat.

Misalnya serial “The Queen’s Gambit” di Netflix tentang pemain catur ajaib bernama Beth Harmon. Jika kamu mengikuti film seri ini maka kamu akan mendapat banyak pelajaran dan menginspirasi.

Baca Juga: Kalahkan Jawara Catur Dunia, Bapak Asal Indonesia Ini Dituduh Curang

Berikut ini 7 pelajaran berharga yang bisa kamu petik dari menonton The Queen’s Gambit.

Bagian pertama dari artikel:

1) Intuitif
Tokoh Beth Harmon disebut master catur sebagai “pemain intuitif”, yang berarti dia melakukan gerakan yang tidak dapat dia jelaskan sepenuhnya. Setiap orang memiliki tingkat intuisi tertentu. Kamu bisa mengasahnya dengan lebih memperhatikan bagian otak kamu yang tenang. Bagian ini berbeda dengan naluri dan dorongan hati. Ketika kamu bertindak berdasarkan intuisi, itu tidak datang dengan emosi atau aliran adrenalin tertentu. Kamu hanya tahu sesuatu dan tidak dapat sepenuhnya menjelaskan alasannya. Jika kamu memiliki ide atau wawasan yang tidak sepenuhnya kamu, terkadang kamu hanya perlu menindaklanjutinya dan lihat apa yang terjadi.

2) Obsesi pada keahlian
Beth Harmon selalu memikirkan catur. Jika dia sedang tidak bermain catur, dia akan membaca tentang catur. Beberapa orang mungkin melihat obsesi semacam ini sebagai tidak sehat dan dianggap tanda kehidupan yang tidak seimbang. Siapa pun yang ingin menjadi yang terbaik dalam apa yang mereka lakukan akan menggambarkan sikap seperti ini. Apa yang dilakukan Beth Harmon lebih merupakan komitmen yang tenang dan berkelanjutan. Banyak orang menilainya buruk
tapi dia tidak mendengarkan. Dia melakukan apa yang dia inginkan. Dia tidak membiarkan siapapun menghalangi langkahnya untuk meraih mimpi.

3) Jangan khawatir tentang menjadi disukai
Tidak ada yang memperhatikan Beth Harmon pada awalnya. Dia tidak berusaha keras untuk menjadi jahat, dia pun tidak peduli tentang menjadi populer. Berhentilah mencoba menjadi orang yang disukai. Bertemanlah dengan orang-orang yang menurutmu menarik. Itu akan membuat hidupmu sepuluh kali lebih mudah.

4) Pelajari pesaingmu
Beth Harmon menyaksikan lawannya bermain catur. Dia membaca tentang permainan mereka di jurnal dan buku. Dia menonton film dokumenter tentang mereka. Dia mencoba masuk ke dalam pikiran mereka dan belajar berpikir seperti mereka.

Dia berpura-pura menjadi mereka, sambil bermain melawan dirinya sendiri. Belajarlah berpikir seperti lawanmu. Kamu tidak bisa untuk tidak berpikir seperti lawanmu jika kamu ingin mengalahkannya. Begitulah cara kamu belajar mengakali mereka sambil belajar lebih banyak tentang dirimu sendiri.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan