Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, November 27, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Komsos KWI Kembali Gelar Pekan Komunikasi Sosial Nasional Secara Daring

Foto: DokpenKWI

Topcareer.id – Komisi Komunikasi Sosial Konferensi Waligereja Indonesia ( KOMSOS KWI) kembali menggelar Pekan Komunikasi Sosial Nasional [ PKSN ] secara daring, dimulai pada 16 Maret hingga 16 Mei 2021. Acara bakal lebih semarak dari sebelumnya.

“Tahun ini, kita juga memeriahkannya dengan berbagai kegiatan online. Bedanya, kita sudah mulai kegiatan jauh hari sebelum Bulan Mei. Launching pada 16 Maret dan memuncak pada 16 Mei,”ujar Sekretaris Eksekutif Komisi Komsos KWI, RD Steven Lalu, dalam rilis yang diterima Topcareer.id, Senin (16/03/2021).

Sejak tahun lalu, akibat Pandemi Covid-19 Komisi Komunikasi Sosial Konferensi Waligereja Indonesia [ Komsos KWI ] penyelenggara acara ini berupaya agar PKSN yang sudah dilakukan tujuh kali tetap berjalan seperti tahun-tahun sebelumnya..

Peluncuran PKSN Online 2021 dilakukan bersama seluruh Komsos Keuskupan di Indonesia secara virtual yang sehari sebelumnya sudah melakukan webinar sebagai kegiatan awal. Selanjutnya berbagai acara akan bergulir terus-menerus selama sisa Bulan Maret, April dan Mei.

Baca Juga: Jadi Kardinal Bukan Cita – Cita Ignasius Suharyo

Pengalaman tahun lalu, kata RD Steven, kegiatan online ini justru memungkinkan kepesertaan umat yang lebih banyak dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Pelatihan bahkan bisa diselenggarakan lebih intensif. Apalagi dikombinasi dengan pelatihan dalam jangka waktu sebulan, menjadikan kegiatan-kegiatan ini tidak berlalu [ lewat ] begitu saja.

“Harapannya, pesan Paus juga makin menempel di hati masing-masing umat dan bergema lebih lama,”ujar RD Steven.

Datang dan Lihatlah
Sejak diselenggarakan pertama kali tahun 2014, PKSN selalu dimeriahkan dengan berbagai kegiatan terkait komunikasi dan selalu didasarkan pada pesan Paus Fransiskus. Tahun ini tema “Datang dan Lihatlah, Berkomunikasi dengan Menjumpa Orang Lain Apa Adanya” dilontarkan oleh Paus dalam pesannya di Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke-55.

Masih bicara tentang persoalan komunikasi, Paus kali ini menekankan sifat hakiki sebuah komunikasi. Paus mengajak kita semua bergerak, datang dan melihat sendiri serta tinggal bersama orang-orang, menjumpai mereka secara langsung.

Baca Juga: 10 Film Wajib Tonton 2019 (Bagian 1)

Inilah yang disebut dalam dunia Jurnalistik sebagai metode paling dasar dalam mengumpulkan kisah/berita. Datang, melihat sendiri dan mengumpulkan kisah merupakan prosedur paling penting sebelum semua informasi kita sampaikan kepada khalayak di media massa. Inilah bentuk komunikasi paling jujur. Dan dengan cara yang sama, iman Kristiani dikabarkan sejak awal di Sungai Yordan dan Danau Galilea.

Dengan gamblang juga Paus mengapresiasi kerja wartawan seperti ini, yang selalu berupaya melakukan verifikasi secara langsung.

“Kita harus berterima kasih atas keberanian dan komitmen dari begitu banyak pekerja profesional: para wartawan, para pekerja film, editor, dan sutradara yang kerap bekerja dengan penuh risiko,”ujar Paus Fransiskus seperti dikutip dari pesannya.**(RW)

the authorRetno Wulandari

Tinggalkan Balasan