Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, April 13, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

7 Tanda Kamu Gagal dalam Wawancara Online (Bagian 2)

Ilustrasi. (dok. Videoblocks)

Topcareer.id – Saat ini mungkin hampir setiap kandidat kerja menjalani wawancara dari jarak jauh atau wawancara online. Persiapan dilakukan dengan sempurna, lengkap dengan jawaban ideal untuk setiap pertanyaan. Setelah itu, muncul perasaan apakah wawancara online ini berhasil atau malah gagal?

Faktanya, ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kamu gagal dalam wawancara jarak jauh yang mungkin bisa menjadi perhatianmu, dan dijadikan pelajaran di interview selanjutnya, seperti melansir dari laman Ladders.

1. Tidak menunjukkan bahasa tubuh yang baik

Apakah mereka bersandar? Apakah mereka tampak tidak bersemangat? Meskipun bahasa tubuh seseorang mungkin tidak sejelas di dunia maya, bahasa itu masih ada. Persentase komunikasi yang tinggi dilakukan melalui nada dan bahasa tubuh.

Mengetahui hal ini, jika bahasa tubuh seseorang kurang antusias dan mereka kebetulan mewawancaraimu, itu pertanda lainnya.

2. Mereka tampaknya tidak memperhatikan

Apakah itu kurangnya minat atau antusiasme, bisa jadi sederhana untuk menemukan kurangnya koneksi dalam wawancara jarak jauh, seperti wawancara langsung.

Senyuman dan kehangatan masih bisa dirasakan di layar komputer, begitu juga seseorang yang tampaknya tidak mau terhubung denganmu. Untuk alasan apa pun, jika kamu merasa tidak banyak keterlibatan dari mereka, kamu mungkin menangkap tanda bahwa kamu gagal dalam wawancara jarak jauh.

Baca juga: Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Melamar Pekerjaan Remote

3. Pertanyaan lanjutan tampaknya terlalu sulit

Tanda yang jelas bahwa wawancara tidak berjalan dengan baik adalah jika kamu merasa seolah-olah pertanyaan lanjutan diajukan dalam upaya untuk membuatmu bingung. Sementara wawancara untuk posisi teknis cenderung memiliki pertanyaan yang lebih sulit, ada beberapa contoh ketika pewawancara mungkin mengajukan pertanyaan “Sulit” dengan sengaja.

Jika kamu merasa pertanyaannya keluar dari bidang, pewawancara sepertinya berhenti sebelum bertanya, atau mereka mencoba membuatmu bertentangan dengan dirimu sendiri, kamu mungkin telah gagal dalam wawancara.

4. Mereka terus melihat kertas

Melihat sekilas resumemu atau beberapa catatan adalah satu hal, tetapi jika kamu menemukan orang yang mewawancaraimu terus-menerus membaca resume atau catatanmu, itu bisa berarti satu dari dua hal: 1. Mereka bukan manusia biasa dan suka melihat ke bawah; 2. Atau kemungkinan besar, mereka tidak begitu tertarik.

Sebut saja menghitung mundur detik atau kebosanan, tetapi jika kamu perhatikan mereka terus menerus melihat dokumen selama wawancara, ini mungkin pertanda buruk bagimu.**(Feb)

Tinggalkan Balasan