Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

10 Jenis Ahli Kesehatan Mental (Bagian 2)

Ilustrasi: Washington PostIlustrasi: Washington Post

Topcareer.id – Menemukan ahli kesehatan mental untuk mendapat bantuan soal masalah mental, emosional, spiritual, bisa jadi hal sulit. Namun, sebelum mendapatkan bantuan, kamu perlu mengenali terlebih dulu ahli kesehatan yang tepat yang bisa membantumu mengendalikan masalah apapun.

Melansir Healthline, berikut berbagai jenis professional kesehatan mental yang perlu kamu ketahui untuk memilih ahli yang tepat bagi permasalahanmu.

Konselor kesehatan mental

“Konselor kesehatan mental” adalah istilah luas yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang memberikan konseling. Judul mereka juga dapat mencakup istilah berlisensi atau profesional. Penting untuk bertanya tentang pendidikan, pengalaman, dan jenis layanan konselor karena istilah tersebut tidak jelas. Konselor dapat mengkhususkan diri dalam bidang seperti: stres kerja, kecanduan, pernikahan, keluarga, stres umum.

Konselor keluarga dan pernikahan

Konselor keluarga dan pernikahan mengkhususkan diri pada masalah umum yang dapat muncul dalam keluarga dan pasangan yang sudah menikah, dari perbedaan hingga pertengkaran. Lamanya terapi biasanya singkat. Sesi ini biasanya berfokus pada masalah tertentu dan mencapai resolusi cepat.

Jenis terapi ini juga menggunakan metode konsultasi satu demi satu. Sesi kelompok terkadang dapat digunakan jika masalah satu orang memengaruhi orang-orang yang dekat dengannya.

Konselor pecandu

Konselor ini mengatasi orang dengan kecanduan. Meskipun ini biasanya melibatkan penyalahgunaan zat atau masalah perjudian, ini juga dapat mencakup kecanduan yang kurang umum seperti kecanduan seksual atau penimbunan.

Baca juga: Jalur Pendidikan Yang Bisa Ditempuh Untuk Menjadi Terapis Okupasi

Konseling tentang kecanduan sering kali dilakukan dalam kelompok. Ini mirip dengan metode yang digunakan oleh Alcoholics Anonymous. Itu juga bisa pribadi atau dengan orang yang dicintai yang terpengaruh oleh kecanduan.

Terapis seni

Terapis seni menangani jenis terapi yang sangat spesifik. Metode ini melibatkan penggunaan kreativitas dengan cara seperti melukis, memahat, dan menulis untuk mengeksplorasi dan membantu depresi, penyakit medis, peristiwa traumatis masa lalu, dan kecanduan.

Orang yang percaya pada jenis terapi ini berpikir bahwa terapi ini dapat membantumu mengekspresikan pikiran dan perasaan yang mendasari yang mungkin tidak diungkapkan oleh terapi bicara tradisional.

Pekerja sosial

Pekerja sosial adalah sekelompok pegawai publik yang berdedikasi untuk membantu orang mengatasi dan memecahkan masalah dalam hidup mereka. Ini dapat mencakup masalah pribadi dan kecacatan. Mereka juga dapat mengatasi masalah sosial seperti penyalahgunaan zat dan pengangguran. Pekerja sosial sering terlibat dalam perselisihan keluarga yang melibatkan kekerasan dalam rumah tangga atau pelecehan anak.**(Feb)

Leave a Reply