Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, April 22, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

10 Jenis Ahli Kesehatan Mental (Bagian 1)

Topcareer.id – Menemukan ahli kesehatan mental untuk mendapat bantuan soal masalah mental, emosional, spiritual, bisa jadi hal sulit. Namun, sebelum mendapatkan bantuan, kamu perlu mengenali terlebih dulu ahli kesehatan yang tepat yang bisa membantumu mengendalikan masalah apapun.

Melansir Healthline, berikut berbagai jenis professional kesehatan mental yang perlu kamu ketahui untuk memilih ahli yang tepat bagi permasalahanmu.

Psikolog

Psikolog melakukan lebih dari sekadar menanyakan perasaanmu. Psikolog mengkhususkan diri dalam ilmu perilaku, emosi, dan pikiran. Mereka bekerja di tempat-tempat seperti kantor pribadi, rumah sakit, atau sekolah.

Psikolog menangani berbagai masalah, dari masalah hubungan hingga penyakit mental, melalui konseling. Seorang psikolog biasanya memiliki gelar doktor, seperti Ph.D. Psikolog tidak dapat meresepkan obat.

Psikiater

Psikiater bekerja mendiagnosis, merawat, dan membantu mencegah gangguan mental, emosional, dan perilaku. Mereka menggunakan pengobatan psikiatri, pemeriksaan fisik, dan tes laboratorium. Psikiater adalah dokter bergelar doctor of medicine (MD) atau doctor of osteopathic medicine (DO).

Dokter praktik umum juga dapat meresepkan obat untuk membantu masalah mental dan emosional. Tetapi banyak orang lebih suka pergi ke psikiater untuk gangguan yang rumit. Spesialisasi psikiater dapat meliputi: anak-anak dan remaja; psikiatri forensic; mempelajari ketidakmampuan.

Psikoanalis

Seorang psikoanalis mengikuti teori dan praktik Sigmund Freud dengan membantu seseorang mengeksplorasi impuls, kecemasan, dan konflik internal mereka yang tertekan atau tidak disadari. Ini dilakukan melalui teknik seperti: Asosiasi bebas, interpretasi mimpi, analisis resistensi dan pemindahan.

Baca juga: Jalur Pendidikan Yang Bisa Ditempuh Untuk Menjadi Terapis Okupasi

Psikoanalisis memiliki kritiknya sendiri. Tetapi banyak orang menemukan bahwa itu membantu mereka mengeksplorasi gangguan psikologis dan emosional yang dalam yang dapat menciptakan pola perilaku buruk tanpa mereka sadari. Namun, perlu lebih hati-hati dalam memilih psikoanalis.

Perawat psikiatri

Perawat psikiatri adalah perawat terdaftar yang berspesialisasi dalam kesehatan mental. Mereka dikenal karena hubungan terapeutiknya dengan orang-orang yang mencari bantuan.

Perawat psikiatri melakukan terapi psikologis dan memberikan pengobatan psikiatri. Mereka sering menghadapi perilaku menantang terkait kondisi kesehatan mental. Mereka beroperasi di bawah pengawasan dokter medis.

Psikoterapis

“Psikoterapis” adalah istilah umum untuk berbagai jenis profesional kesehatan mental. Ini bisa termasuk psikolog dan terapis. Para profesional ini semuanya menyediakan psikoterapi. Psikoterapi adalah jenis terapi bicara. Ini dirancang untuk meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan umum dirimu.

Ada banyak aliran psikoterapi. Mereka dapat melibatkan percakapan terapeutik, terapi kelompok, terapi ekspresif, dan banyak lagi. Jenis yang paling populer adalah terapi perilaku kognitif (CBT). Kamu dapat menggunakan CBT untuk membantu mempelajari cara mengubah perilaku buruk, pola pikir, atau emosi.**(Feb)

Tinggalkan Balasan