Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, April 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

5 Alasan Introvert Bisa Menjadi Public Speaker yang Hebat

Topcareer.id – Bisakah introvert menjadi publick speaker yang baik? Introvert sering dicap pemalu, pendiam, dan penyendiri.

Namun, menjadi introvert bukan berarti tidak bisa menjadi public speaker yang hebat. Introvert tidak suka menjadi pusat perhatian, walaupun begitu introvert mampu menghadapi audiens, hanya saja mereka menemukan ketenangan batin saat menyendiri.

Banyak pakar komunikasi percaya bahwa introvert bisa menjadi publick speaker yang baik. Berikut ini 5 alasan utamanya:

Banyak public speaker terkenal di dunia adalah introvert

Beberapa public speaker terbaik dan paling terkenal di masa lalu dan sekarang berasal dari orang introvert, antara lain: Mahatma Ghandi, Winston Churchill, Mantan Presiden Barack Obama, Eleanor Roosevelt, dan Abraham Lincoln. Nama-nama tersebut sudah cukup untuk menghilangkan keraguan tentang introvert untuk menjadi public speaker yang hebat. Jika kamu seorang introvert dan ingin menjadi public speaker jangan berkecil hati dengan apa yang dikatakan orang. Setelah kamu berhasil mengatasi rasa takut terhadap audiens pada tahap awal karier berbicara di depan umum, kamu akan menemukan bahwa orang-orang sangat ingin mendengar apa yang kamu katakan. Setelah itu, yang terpenting adalah melatih dan menyempurnakan keterampilan berbicara kamu.

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Introvert Mampu Jadi Pemimpin Hebat

Menjadi public speaker tidak perlu suka berteman

Kesalahpahaman umum yang dimiliki orang adalah bahwa kamu harus sangat sosial dan ekstrovert untuk menjadi public speaker yang baik. Kamu tetap boleh menjadi orang yang tertutup namun bisa menginspirasi ribuan orang dengan pidato kamu. Berbicara di depan umum adalah seni mengkomunikasikan pesan dengan jelas dan kuat untuk mencapai tujuan tertentu seperti menginspirasi, menginformasikan, menghibur, memotivasi, dll. Kamu tidak harus menjadi seorang ekstrovert untuk menjadi public speaker yang hebat selama konten dan penyampaian kamu dapat menginspirasi penonton.

Introvert memiliki banyak wawasan unik untuk dibagikan

Untuk menjaga agar audiens tetap terpikat, seorang public speaker harus memiliki konten yang berwawasan. Di sinilah introvert bisa menang besar karena mereka menghabiskan banyak waktu sendirian untuk berpikir, mengamati, dan menganalisis. Seorang introvert jarang kekurangan ide dan kreativitas. Mereka sering kali dapat mempelajari topik lebih dalam dan menghasilkan sudut pandang unik yang memaksa penonton untuk duduk dan memperhatikan.

Introvert fokus pada audiens daripada diri mereka sendiri

Salah satu elemen kunci dari pidato yang sukses adalah pidato harus relevan dengan audiens. Pesan kamu harus beresonansi dengan audiens dan pengetahuan mereka adalah pokok bahasannya. Introvert adalah pendengar dan pengamat yang tajam yang membuat orang-orang sadar akan kebutuhan orang lain. Mereka mampu menyusun pidato berdasarkan permintaan penonton. Sementara itu beberapa ekstrovert, lebih sering terlalu fokus pada diri mereka sendiri. Seorang introvert tidak akan menempatkan diri mereka di tengah-tengah pidato melainkan memfokuskan pidatonya pada audiens.

Persiapan pidato adalah keharusan bagi introvert

Keberhasilan sebuah pidato sangat bergantung pada persiapan. Pidato yang hebat hanya dimungkinkan setelah berjam-jam latihan. Karena introvert menikmati banyak waktu menyendiri, mempersiapkan dan melatih pidato adalah salah satu kekuatan mereka. Mereka akan meluangkan waktu untuk merencanakan dan menyusun pidato mereka dengan hati-hati dan kemudian menyempurnakannya lebih lanjut setelah mendapatkan umpan balik.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan