Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, April 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

Warna Ini Bisa Tingkatkan Produktivitas di Tempat Kerja

Dok. Scottbrownpainting

Topcareer.id – Tahukah kamu, para peneliti telah memastikan jika warna benar-benar dapat mengubah atau memengaruhi produktivitas seseorang di tempat kerja?

Teori warna digunakan dalam seni visual untuk memasangkan warna dengan cara yang menyenangkan atau untuk menciptakan efek tertentu.

Tetapi gagasan menggunakan warna untuk memperoleh respons tertentu seperti produktivitas itu jauh melampaui seni. Banyak perusahaan besar sekarang menggunakan warna sebagai strategi di sekitar kantor untuk memengaruhi tingkat kinerja.

Berikut ini jenis warna yang bisa digunakan untuk membantu meningkatkan produktivitas dan kreativitas di tempat kerja.

Biru: Meningkatkan ketenangan dan produktivitas
Biru dikenal sebagai warna menenangkan yang dapat memperlambat pernapasan dan menurunkan tekanan darah. Meskipun kalem, warna biru bisa merangsang pikiran. Kombinasi menenangkan namun menstimulasi mental mungkin menjadi alasan mengapa biru terbukti meningkatkan produktivitas di banyak kantor.

Biru juga dianggap memberikan perasaan dapat diandalkan dan dipercaya. Mengecat pintu atau kantor CEO dengan rona biru dapat meningkatkan bisnis dengan menenangkan pikiran mitra dan karyawan.

Baca juga: 3 Warna Cat Rambut yang Aman untuk Melamar Kerja

Kuning: Untuk membuat orang berenergi dan berkolaborasi
Penelitian menunjukkan bahwa kuning harus digunakan dalam dosis kecil karena itu adalah warna yang paling tidak disukai orang dewasa. Produktivitas akan terganggu jika karyawan tidak suka dikelilingi tembok kuning.

Dalam sistem pengaruh warna, kuning adalah warna terkuat secara psikologis dan dapat membantu memicu kreativitas serta daya ingat. Optimisme juga bisa diangkat dengan sentuhan kuning moderat. Dengan kualitas ini, warna kuning mungkin paling baik di area di mana orang melakukan banyak pekerjaan seperti curah pendapat, kolaborasi, dan kerja kreatif.

Hijau: Membuat orang lebih santai di tempat kerja
Pakar warna mencatat bahwa hijau sering ditemukan di alam, dan lingkungan alam sehingga bisa membuat orang lebih tenang.

Mata manusia dapat mengambil lebih banyak warna hijau daripada warna lainnya. Kemungkinan besar ini karena prevalensinya di alam. Manusia terbiasa melihat nuansa hijau dan dianggap sebagai warna yang tidak mengganggu serta tidak akan menyebabkan mata lelah. Bekerja dengan penuh ketenangan bisa meningkatkan produktivitas.

Oranye: Meningkatkan tingkat aktivitas dan produktivitas
Beberapa penelitian menunjukkan oranye mungkin warna terbaik untuk digunakan di sekitar kantor untuk meningkatkan produktivitas.

Warna oranye menanamkan gagasan tentang aktivitas, antusiasme, dan daya tahan. Ketiga hal tersebut diyakini pasti meningkatkan produktivitas.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan