Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, April 13, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

ITS Ciptakan Cat yang bisa Membunuh virus SARS COV-2, 99,9% Ampuh

Topcareer.id – Di tengah pandemi ini, para peneliti yang berasal dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memperkenalkan CoFilm+, cat pelapis yang dapat membunuh virus corona.

“Telah diuji di Institute of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga. Hasilnya, virus SARS COV-2 di atas permukaan CoFilm+ 90 persen dapat mati di permukaan benda yang diberikan cat pelapis ini dalam waktu 10 menit, sedangkan 99,9 persen virus dapat mati dalam waktu 1 jam,” ujar Kepala Pusat Penelitian Material Maju dan Teknologi Nano ITS, Dr Agung Purniawan, Kamis (25/3/2021).

Bahkan penelitiaan tersebut juga menunjukan bahwa virus dapat bertahan lebih dari 24 jam pada permukaan benda yang tidak dilapisi cat yang menggunakan teknologi Nano Copper (tembaga berukuran nano) ini.

Sebagai tambahan informasi, teknologi Nano Copper biasanya banyak digunakan sebagai material yang dapat membunuh berbagai macam virus dan bakteri.

Baca juga: Covid-19 dan Penutupan Sekolah Bahayakan Masa Depan Perempuan

Tak berhenti sampai di situ, dr Agung juga mengatakan jika CoFilm+ ini memiliki kelebihan lainnya.

“Pengaplikasiannya mudah, dapat melakukan disinfeksi selama 24 jam terus menerus, dapat menghemat biaya dan bisa mengurangi infeksi Nosokomial atau infeksi yang didapat dari fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan Puskesmas,” jelasnya.

Dalam implementasinya, cat ini dapat digunakan pada gagang pintu, railing tangga, meja, dan benda lainnya yang berada di rumah sakit, sekolah, restoran, kantor, bandara, mall, maupun tempat pribadi.

Meski demikian, terkait ketahanan waktu dari cat pelapis ini, masih perlu diteliti lebih lanjut sebelum dapat dikembangkan menjadi produk yang siap dipasarkan.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan