Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, April 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Tangkap Kelelawar, Pemburu Virus Berharap Mampu Kendalikan Pandemi Serupa Covid-19

Topcareer.id – Para peneliti yang menyebut diri mereka “pemburu virus” menangkap ribuan kelelawar untuk mengembangkan model simulasi yang mereka harap akan membantu dunia menghindari pandemi serupa dengan COVID-19.

Mereka mengenakan lampu kepala dan pakaian pelindung, masker, serta sarung tangan berlomba untuk mengumpulkan kelelawar di provinsi Laguna, Filipina.

Hewan-hewan kecil itu dengan hati-hati ditempatkan dalam kantong kain untuk dibawa pergi, diukur dan diseka. Air liur serta kotorannya dikumpulkan untuk dianalisis sebelum dikembalikan ke alam liar.

Aktivitas yang didanai oleh Jepang ini akan dikembangkan selama tiga tahun ke depan oleh Universitas Filipina Los Banos, yang berharap kelelawar akan membantu dalam memprediksi dinamika virus corona dengan menganalisis faktor-faktor seperti iklim, suhu, dan kemudahan penyebaran ke manusia.

Baca Juga: Selain Covid-19, Ini Virus yang Sebabkan Jutaan Nyawa Warga Dunia Melayang

“Apa yang kami coba lihat adalah jenis lain dari virus corona yang berpotensi menular ke manusia,” kata ahli ekologi Phillip Alviola, yang telah mempelajari virus kelelawar selama lebih dari satu dekade.

“Jika kami mengetahui virus itu sendiri dan kami tahu dari mana asalnya, kami bisa tahu cara mengisolasi virus itu secara geografis.” Jelasnya mengutip Reuters.

Sebagian besar yang tertangkap adalah kelelawar tapal kuda yang diketahui mengandung virus corona, termasuk kerabat terdekat yang diketahui dari virus corona baru.

Kelelawar tapal kuda berperan dalam dua skenario ahli Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyelidiki asal-usul virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan