Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, April 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Pengen Jadi Produser Film? Ikuti Tahapan Ini

Topcareer.id – Produser film adalah orang yang bertanggung jawab atas perencanaan, bisnis, dan keputusan anggaran untuk produksi film. Produser film memilih skrip, mengumpulkan modal untuk film, dan mempekerjakan sutradara dan kru film.

Seorang produser dapat mengelola berbagai aspek produksi, dan mereka mungkin benar-benar melakukan beberapa tugas sendiri, atau mereka dapat mendelegasikan lebih banyak pekerjaan. Semua tergantung pada anggaran proyek.

Berkarier sebagai produser reputasi yang dinilai adalah hasil filmnya yang berkualitas dan bisa diselesaikan tepat waktu serta sesuai anggaran.

Baca Juga: Ini Daftar Film Horor Paling Seram Menurut Studi

Jika kamu berminat untuk berkarier dalam industri film yang lebih menantang sebagai seorang produser film, berikut ini langkah-langkah yang sebaiknya kamu jalani.

Magang dalam proyek film atau teater
Pengalaman adalah kunci dalam bidang ini, dan produser perlu memahami setiap aspek produksi film. Sangat bijaksana untuk mengambil kelas drama, film, dan teater sejak kamu masih sekolah. Keputusan baik juga untuk mengambil langkah dengan mulai bekerja atau di industri film atau teater. Sering kali bisa sebagai aktor atau penulis, tetapi jika kamu cukup berani kamu bisa mulai memproduksi film independen.

Sekolah pembuatan film
Sejak masih sekolah menengah, kamu sebaiknya mulai mencari program sarjana di bidang film. Bisa sekolah film atau sinematografi khusus. Tujuannya adalah untuk menemukan program yang mengajarkan sejarah film, produksi film, sinematografi, penceritaan visual, penulisan skenario, dan penyuntingan film.

Baca Juga: Sejumlah Proyek Film Besar Kembali Jalani Syuting di Tengah Pandemi

Dapatkan gelar sarjana
Program sarjana dalam produksi film atau bidang terkait akan memberimu keterampilan, pengetahuan, penggunaan alat perfilman, dan pengalaman yang diperlukan untuk dapat melakukan semua fungsi profesional pembuatan film. Bagian tak terpisahkan dari sebagian besar program film adalah penyelesaian kerja magang.

Cari pengalaman lebih luas
Selesai dari perguruan tinggi dengan gelar sarjana dalam beberapa aspek pembuatan film akan masih sulit untuk mendapat pekerjaan sebagai produser. Diperlukan pengalaman bertahun-tahun untuk menjadi produser hebat. Pahami hal ini dan mencari ceruk dalam bidang apapun yang memungkinkan untuk kamu bisa mempelajari banyak keterampilan. Biasanya Produser film sering mendapatkan pengalaman pertama mereka di lapangan sebagai editor film, aktor, sinematografer, asisten produksi, dan operator kamera. Mereka juga mungkin memperoleh pengalaman industri mereka bekerja di kantor manajemen teater.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan