Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, April 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Mendengarkan Jenis Suara Ini Bisa Hilangkan Stres

Sumber foto: scitechdaily.com

Topcareer.id – Bayangkan suara-suara ini: bunyi jangkrik di malam hari, air mengalir melalui sungai, kicau burung di pagi hari. Ya, suara-suara alam seperti itu selalu membuat hati tenang dan tenggelam dari dunia modern saat ini.

Sekarang, sebuah studi baru menyarankan setiap orang harus meluangkan waktu untuk menyerap suara alam dan satwa liar terdekat. Proyek penelitian kolaboratif ini melaporkan suara alam menghasilkan manfaat kesehatan dan kebugaran yang nyata.

Orang yang secara teratur mendengar suara seperti itu biasanya mengalami lebih sedikit rasa sakit fisik, stres yang lebih rendah, suasana hati yang lebih baik, dan kinerja kognitif yang lebih kuat.

Secara khusus, suara air ditemukan paling membantu dalam mendorong peningkatan suasana hati dan hasil kesehatan fisik. Sementara itu, nyanyian dan suara burung tampaknya paling membantu dalam hal menghilangkan stres dan menanamkan ketenangan.

Studi ini dilakukan oleh Colorado State University, Michigan State University, Carleton University, dan National Park Service. Penulis studi menganalisis rekaman suara yang diambil di 251 lokasi berbeda di 66 taman nasional Amerika Serikat.

Banyak penelitian baru-baru ini selama beberapa tahun terakhir telah menyimpulkan bahwa manusia mendapat manfaat besar dari menghabiskan lebih banyak waktu di sekitar alam, margasatwa, dan tanaman hijau.

Penemuan ini unik dalam arti bahwa seseorang tidak perlu secara fisik memasuki alam untuk menuai sebagian dari imbalan tersebut. Bahkan jika kamu tinggal di tengah perkotaan, yang kamu butuhkan hanyalah sepasang headphone untuk sedikit menghindari kebisingan kota.

“Dalam banyak hal, pandemi Covid-19 telah menekankan pentingnya alam bagi kesehatan manusia,” kata penulis studi bersama Rachel Buxton, seorang peneliti pasca doktoral di Departemen Biologi Carleton, mengutip Ladders.

Baca juga: Tips Investasi Emas Bagi Yang Memiliki Penghasilan Tetap

“Karena lalu lintas menurun selama karantina, banyak orang telah terhubung dengan soundscapes dengan cara yang benar-benar baru, seperti memperhatikan suara burung yang berkicau tepat di luar jendela mereka. Betapa luar biasa bahwa suara-suara ini juga baik untuk kesehatan kita.”

Selain itu, rekan penulis dan profesor di MSU Amber Pearson mengemukakan poin menarik lainnya. Suara alam tampaknya memiliki efek yang berlawanan dengan suara industri yang lebih modern. Banyak penelitian telah menemukan kontak yang terlalu lama dengan kebisingan industri dan perkotaan dapat merusak kesehatan seseorang.

“Sebagian besar bukti yang kami temukan berasal dari laboratorium atau pengaturan rumah sakit. Ada kebutuhan yang jelas untuk penelitian lebih lanjut tentang suara alam dalam kehidupan kita sehari-hari dan bagaimana soundscapes mempengaruhi kesehatan,” tambahnya.

Jadi, lain kali jika kamu mengunjungi taman nasional (atau taman mana pun), cobalah keluar jalur untuk sementara waktu dan temukan dirimu di daerah yang tenang dan terpencil. Pejamkan mata dan perhatikan semua suara yang terjadi di sekitarmu selama beberapa saat.

Hanya beberapa menit yang dihabiskan untuk melakukan ini dapat meningkatkan pikiranmu dan mempertajam pikiran untuk sisa hari itu jika tidak lebih lama.

“Dampak positif kesehatan dan manfaat pengurangan stres dari alam lebih menonjol daripada sebelumnya untuk membantu mengimbangi peningkatan kecemasan dan masalah kesehatan mental,” catat George Wittemyer, rekan penulis studi dan profesor di CSU.**(Feb)

Tinggalkan Balasan