Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, September 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tips Investasi Emas Bagi yang Memiliki Penghasilan Tetap

Emas Antam. (dok. istimewa)

Topcareer.id – Banyak jenis investasi yang sayang untuk dilewatkan. Terutama jika kamu telah memiliki penghasilan tetap. Emas bisa menjadi pilihan yang baik untuk investasi masa depan.

Kenapa emas bagus untuk investasi? Emas merupakan barang yang harganya cenderung naik dan jarang sekali mengalami penurunan dalam jumlah yang signifikan.

Popularitas emas akhir-akhir ini terus meningkat, banyak orang beralih ke investasi emas. Jika kamu berminat ingin berinvestasi logam mulia ini, tetapi kamu masih pemula, berikut tips investasi emas yang aman.

Pertimbangkan apakah sekarang waktu terbaik untuk berinvestasi?
Fakta bahwa harga emas telah meningkat untuk setiap sepuluh tahun terakhir dan tren ini akan terus berlanjut, kamu bisa menetapkan tujuan dan pertahankan rencana kamu.

Misalnya kamu sudah menargetkan dalam waktu 10 tahun ke depan akan berhenti bekerja dan memulai usaha sendiri. Mulailah menyisihkan penghasilan dari gaji untuk diinvestasikan di emas.

Jika sudah memiliki tujuan jelas seperti ini kamu akan lebih mudah investasi emas sesuai dengan kemampuanmu setiap bulannya.

Baca juga: Gunung Emas Ditemukan di Kongo, Ratusan Orang Menambang secara Ilegal

Perhatikan terus perkembangan harga emas
Banyak situs di internet yang memberikan informasi harga emas setiap harinya. Tujuan untuk memantau perkembangan harga emas adalah untuk membantu kamu mempertimbangkan apakah kamu akan membeli emas atau menjualnya.

Emas dikenal sebagai alat investasi yang paling stabil walau terkadang juga mengalami penurunan harga. Meski jarang, tidak ada salahnya untuk membelinya saat harga turun.

Kemudian saat harga emas melonjak tinggi, kamu juga mempunyai pilihan untuk kemudian menjualnya. Namun, investasi emas sebaiknya dilakukan untuk jenis investasi jangka panjang, yakni dalam kurun waktu 5-10 tahun.

Selalu beli/jual emas melalui dealer yang dihormati, dan memiliki reputasi baik
Sebaiknya membeli emas di tempat resmi yang menyertakan surat-surat dan sertifikatnya. Karena banyak penjual emas yang hanya menyediakan logam mulia tersebut dengan cara cepat tetapi tidak ada sertifikatnya. Lebih aman jika kamu membelinya di PT. ANTAM atau situs-situs e-commerce yang memang menjual emas dari PT. ANTAM secara resmi.

Simpan emas di tempat aman
Paling mudah menyimpan emas di rumah sendiri dalam brankas atau safety box. Atau kamu bisa menyimpannya di Safe Deposit Box (SDB) yang ditawarkan pihak bank untuk lebih amannya. Namun, jika memilih untuk menggunakan SDB, ada biaya tambahan yang diperlukan.

Fokus masa depan
Pahami bahwa investasi merupakan tabungan untuk masa depan, baik itu jangka pendek maupun jangka panjang. Diperlukan kesabaran untuk fokus dalam berinvestasi emas, karena hasilnya baru terasa setidaknya 5-10 tahun mendatang.

Perlu diingat bahwa investasi berbeda dengan jual beli yang tujuannya mendapat keuntungan dalam waktu singkat.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan