Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, April 19, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

10 Manfaat Mandi Air Panas yang Perlu Kamu Tahu (Bagian 1)

Mandi air hangat Dok/AskMenMandi air hangat Dok/AskMen

Topcareer.id – Sebagai orang yang sibuk bekerja dengan sedikit waktu luang, mandi atau berendam dengan air panas bisa membantu tubuh untuk relaksasi.

Terkadang kenikmatan yang diberikan dari mandi air panas bisa membuatmu lupa waktu hingga kamu berada cukup lama di kamar mandi.

Tapi, tahukah kamu? Mandi air panas itu tak hanya nyaman bagi tubuh, namun ada penelitian medis yang kuat dan membuktikan bahwa mandi atau berendam air panas, ternyata memberikan manfaat bagi pikiran, tubuh, dan kulit.

Berikut 10 manfaat dari memanjakan dirimu dengan air panas.

Bagian pertama dari artikel:

Menurunkan gula darah
Dalam studi yang dilakukan oleh Loughborough University, para ilmuwan menyelidiki efek mandi air panas pada kontrol gula darah dan energi yang dikeluarkan. Mereka merekrut 14 pria untuk ambil bagian dalam penelitian tersebut, yang masing-masing berendam di bak mandi air panas selama satu jam. Hasilnya, masing-masing dari mereka membakar kalori yang sama dengan berolahraga berjalan kaki selama setengah jam (sekitar 140 kalori).

Baca juga: Minum Air Hangat 4 Kali Sehari Tak Terbukti Bisa Sembuhkan Covid-19

Tidur lebih cepat
Air panas membuat tubuh rileks dan lebih mempersiapkan kamu untuk tertidur. Saat tubuh yang tegang berendam air hangat, maka air panas akan meningkatkan suhu tubuh dan melemaskan otot. Melemaskan otot tidak hanya menenangkan fisik, tetapi juga mental.

Menurunkan tekanan darah
Penelitian telah menunjukkan bahwa berendam di bak mandi air panas dapat menurunkan tekanan darah. Ini adalah sistem yang bagus untuk kamu yang memiliki kondisi jantung, dan bahkan mereka yang tidak. Namun sebelumnya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika kamu memang memiliki kondisi jantung, karena mandi air panas juga akan meningkatkan detak jantung.

Meredakan ketegangan otot
Mandi air panas dapat meredakan ketegangan dan menenangkan otot yang kaku. Jika kamu memiliki shower, itu akan lebih baik. Biarkan air panas bekerja seperti pijatan mini di bahu, leher, dan punggung kamu.

Membuat kulit lebih bersih dan sehat
Berendam yang baik di air panas, baik itu mandi atau sekedar berendam, dapat membuka pori-pori di kulit kamu. Dan jika airnya bersih, maka bisa membersihkan sebagian kotoran dan racun dari kulit kamu. Hasilnya kulit jadi lebih segar dan bersih.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan