Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, April 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Minum Ini Sebelum Olahraga Bisa Tingkatkan Pembakaran Lemak

Ilustrasi: AARP

Topcareer.id – Menurut studi baru, sebuah cara untuk meningkatkan pembakaran lemak selama olahraga bisa datang dengan secangkir kopi yang kental.

Kafein, atau kopi kental, yang diminum setengah jam sebelum latihan aerobik memberikan dorongan besar untuk pembakaran lemak, terutama jika latihan dilakukan di sore hari.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition, bertujuan untuk melihat apakah kafein meningkatkan oksidasi, atau pembakaran lemak selama latihan.

Sementara kafein dapat dikonsumsi melalui suplemen, para peneliti ingin mengetahui apakah klaim menguntungkan yang diiklankan benar-benar dapat sesuai dengan hasil.

“Anjuran berolahraga dengan perut kosong di pagi hari untuk meningkatkan oksidasi lemak adalah hal yang lumrah. Namun, rekomendasi ini mungkin kurang memiliki dasar ilmiah, karena tidak diketahui apakah peningkatan ini disebabkan oleh olahraga di pagi hari atau karena tidak makan untuk jangka waktu yang lebih lama,” kata Francisco Jose Amaro-Gahete, seorang ahli fisiologi di Universitas Granda, mengutip Ladders.

Studi tersebut terdiri dari 15 pria yang menyelesaikan tes latihan empat kali dengan interval tujuh hari. Peserta diberi 3 mg kafein (3 mg per setiap kilogram berat badan) atau plasebo di pagi hari (8 pagi) dan di malam hari (5 sore). Kafein dikemas dalam bubuk biji kopi hijau, tanpa rasa, tidak berwarna dan tidak berbau.

Baca juga: Kualitas Tidur Ternyata Dipengaruhi Suhu Tubuh Dan Suhu Ruangan

Latihan interval, latihan bersepeda, dirancang dalam urutan acak, artinya tidak ada struktur pada jadwal latihan. Peneliti membakukan kondisi sebelum setiap tes latihan, termasuk jam berlalu sejak makan terakhir, latihan fisik, atau konsumsi zat stimulan, menurut penelitian.

Setelah menyelesaikan penelitian, para peneliti menentukan bahwa meminum dosis kafein setengah jam sebelum latihan meningkatkan oksidasi lemak selama rutinitas, tidak peduli jam berapa, tetapi bagi mereka yang menginginkan lebih banyak manfaat pembakaran lemak, itu dioptimalkan pada sore hari daripada di pagi hari.

“Hasil ini menunjukkan bahwa kombinasi asupan kafein akut dan olahraga dengan intensitas sedang di sore hari memberikan skenario terbaik bagi individu yang ingin meningkatkan oksidasi lemak seluruh tubuh selama latihan aerobik,” kata para peneliti dalam studi tersebut.

Berikut adalah rincian tentang bagaimana kafein bermanfaat bagi tingkat oksidasi lemak dibandingkan dengan kelompok plasebo:

10,7% peningkatan di pagi hari; 29% meningkat pada sore hari.
Intensitas latihan meningkat 11% di pagi hari; 13% di sore hari.
Asupan oksigen lebih tinggi pada sore hari jika dibandingkan pada pagi hari.

“Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa konsumsi kafein hangat 30 menit sebelum melakukan tes latihan aerobik meningkatkan oksidasi lemak maksimum selama latihan terlepas dari waktu,” kata Francisco J. Amaro.**(Feb)

Tinggalkan Balasan