Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, September 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kualitas Tidur Ternyata Dipengaruhi Suhu Tubuh dan Suhu Ruangan

Topcareer.id – Tahukah kamu? Suhu tubuh dan suhu ruangan ternyata punya pengaruh yang cukup besar dalam kesuksesan kita untuk bisa tertidur.

Dalam keadaan normal, ketika ritme sirkadian kita mendekati fase tidur, suhu tubuh kita secara alami akan mengalami sedikit penurunan, dan kemudian bertahan rendah hingga beberapa jam, sebelum kita benar-benar terbangun.

Nah, berbeda dengan itu, sebuah studi di Australia menemukan bahwa penderita Insomnia justru cenderung memiliki suhu tubuh yang lebih tinggi secara keseluruhan, seperti dikutip dari Amerisleep.com

Mereka yang mengalami insomnia, atau kesulitan tidur, mengalami suhu tubuh yang tetap hangat di malam hari. Dan itu kemungkinan besar berperan dalam ketidakmampuan mereka untuk tertidur.

Baca juga: Sulit Tidur? Warna Cat Ini Mungkin Penyebabnya

Terkait suhu ruangan, sebenarnya tidak ada satu suhu yang benar-benar cocok untuk tidur yang ideal. Ada yang suka suasana dingin, dan ada juga yang menyukai kehangatan. Jadi, jangan takut untuk mencari tahu mana yang paling cocok dengan suhu tubuhmu saat ini.

Bagi penderita insomnia, kamu bisa mencoba beberapa cara, seperti berendam di bak mandi air hangat selama kurang lebih 30 menit sebelum tidur. Ini akan memperkuat penurunan suhu, dan meningkatkan potensi dalam dirimu untuk bisa mendapatkan tidur nyenyak.

Selain itu, kamu juga dapat mempertimbangkan untuk tidur dengan pakaian yang lebih tipis di suhu normal. Dalam beberapa kasus, pakaian dapat menghambat proses alami keluarnya suhu tubuh kamu, saat kamu mencoba untuk beristirahat.

Yuk, kenali suhu tubuh kamu, dan apa yang tubuhmu butuhkan, agar bisa mendapatkan tidur yang nyenyak.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan