Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, April 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Epidemiolog UGM Bocorkan Kapan Indonesia Capai Kekebalan Terhadap Covid-19

Foto Ilustrasi

Topcareer.id – Agar bisa terbebas dari pandemi ini, suatu negara perlu membentuk herd immmunity atau kekebalan kelompok setidaknya 70% dari jumlah populasinya.

Lalu, kapan Indonesia bisa mencapainya?

Menurut Epidemiolog Universitas Gadjah Mada (UGM), dr. Riris Andono Ahmad, kecepatan pemberian vaksin dan capai targetnya menjadi penentu herd immunity terbentuk. Namun hingga saat ini belum terdapat kepastian berapa lama kekebalan tubuh terhadap Covid-19 dapat bertahap pada orang-orang yang sudah divaksin.

Baca Juga: Melinda Gates: Herd Immunity Global Tercipta Sekitar Tahun 2022

“Sejumlah penelitian ada yang menyebutkan jika setelah 3 bulan imunitasnya menurun, ada yang setelah 6 bulan dan sudah 1 tahun. Kemudian yang jadi acuan sekitar 1 tahun, tapi sekali lagi memang belum ada kesimpulan pasti karena Covid-19 ini penyakit baru,” ujarnya dikutip dari ugm.ac.id pada Kamis (1/4/2021)..

Oleh karena itu, Riris berharap pemberian vaksin pada semua target vaksin di tanah air bisa dilakukan sesegara mungkin. Dengan begitu diharapkan kekebalan komunal bisa terwujud sebelum terjadi penurunan kekebalan terhadap virus corona baru ini.

“Saya meminta masyarakat untuk tidak ragu lagi menerima vaksin sehingga dapat menyukseskan program vaksinasi nasional untuk pengendalian Covid-19 di tanah air,” pungkasnya.**(RW)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan