Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, April 18, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

5 Strategi untuk Mempertahankan Pekerjaanmu

Dok. AARP

Topcareer.id – Hanya karena kamu telah diterima bekerja, bukan berarti kamu pasti bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Perusahaan akan belajar lebih banyak tentang diri kamu setelah mereka mengajakmu bergabung daripada yang mereka lakukan selama proses wawancara.

Bukan hanya apa yang kamu lakukan yang bisa menentukan apakah kamu akan dipertahankan atau dipecat, tetapi juga apa yang tidak kamu lakukan bisa menentukan status kamu di sebuah perusahaan.

Berikut ini 5 strategi kerja sederhana yang bisa membantumu menciptakan keamanan pekerjaan.

Pahami posisinya
Pahami apa yang dibutuhkan pekerjaan itu. Banyak sekali perusahaan tidak memberikan uraian tugas tertulis untuk karyawan. Hal ini menyebabkan miskomunikasi dan kebingungan yang dapat memengaruhi penilaian tahunan, bonus, kenaikan gaji, atau peluang kamu untuk mendapatkan promosi.

Mintalah deskripsi pekerjaan tertulis segera setelah kamu bergabung untuk memastikan kamu bisa melakukan semua yang diharapkan perusahaan dari dirimu.

Baca juga: 3 Cara Membuat Pewawancara Terkesan saat Interview Kerja

Temui orang yang tepat
Menemukan orang yang dapat membantumu sukses sangat penting untuk mempertahankan pekerjaan dan menaiki tangga karier. Kembangkan hubungan dengan manajer senior yang bisa mengevaluasimu dan merekomendasikan dirimu untuk dipromosikan atau diberhentikan.

Temukan orang yang bersedia mengajarimu tentang pekerjaanmu agar kamu dapat menambah pengetahuan.

Tingkatkan keterampilan
Jadikan diri kamu sangat berharga bagi perusahaan dengan meningkatkan jumlah dan kualitas pekerjaan yang kamu lakukan. Minta orang lain untuk memberi tahumu bagaimana melakukan pekerjaan dengan lebih baik, dan aktiflah mengikuti seminar, kelas atau lokakarya. Dapatkan juga sertifikasi atau membaca buku dan artikel yang bisa memperluas keahlian.

Minta feedback
Jangan menunggu penilaian tahunan untuk mengetahui pendapat atasan tentang kamu. Setelah beberapa minggu pertama bekerja, segera tanyakan kepada supervisor kamu ada umpan balik apa untuk dirimu.

Beri tahu manajer bagaimana kamu beroperasi di posisi barumu dan tanyakan apakah menurut mereka ini cara terbaik untuk menangani pekerjaanmu. Minta juga rekan kerja untuk membantumu dengan mengomentari apa yang mereka lihat.

Baca juga: 4 Tips Sukses Jalani Group Interview saat Melamar Pekerjaan

Pelajari politik kantor
Kamu mungkin akan bekerja dengan penindas, gosip, mediator, dan orang-orang yang malas, tidak jujur, dan negatif.

Pelajari siapa yang harus dihindari dan siapa yang dapat membantu memperkuat posisimu di tempat kerja. Jangan terjebak dalam satu pertemanan saja.

Hindari sikap menyendiri dan enggan bersosialisasi. Bangun jaringan dengan orang-orang yang dapat membantumu dan pastikan kamu juga melakukan apa yang kamu bisa untuk membantu mereka.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan