Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, April 18, 2021
redaksi@topcareer.id
Kerja Dari RumahTips Karier

3 Tips Manfaatkan Cahaya saat Kerja agar Tidak Sakit Kepala

Sumber foto: socialworker.com

Topcareer.id – Cahaya alami memang terbukti memberikan produktivitas kerja. Karyawan tanpa akses ke cahaya alami melaporkan bahwa dirinya merasa murung dan lelah di akhir hari kerja. Tapi ingat, meski begitu kamu perlu menyeimbangkan cahayamu.

Terlalu sedikit cahaya, kamu akan memaksa matamu bekerja terlalu keras untuk melihat. Tapi, terlalu banyak, kamu mungkin akan mengalamii sakit kepala berulang di penghujung hari, didorong oleh pantulan sinar matahari di layar komputermu.

“Kesalahan terbesar adalah (orang) berpikir bahwa semakin banyak cahaya, semakin baik, dan terkadang sedikit berlebihan,” kata Karen Loesing, pemilik The Ergonomic Expert, sebuah perusahaan yang mengevaluasi ergonomi untuk bisnis.

“Jika kamu memiliki terlalu banyak cahaya dan kemudian (kamu) menambahkan cahaya layar komputermu, maka kamu mungkin benar-benar mengacaukan matamu.”

Berikut tips ahli pencahayaan dan ergonomis tentang cara terbaik mengoptimalkan kekuatan matahari di tempat kerja, termasuk saat WFH (work from home/kerja dari rumah), seperti melansir Huffington Post.

Jika kamu bekerja di dekat jendela, duduklah lurus dengannya

Apakah kamu bekerja sambil menghadap jendela yang cerah, atau dengan jendela di belakangmu? Tidak ada posisi yang ideal. Ketika sebuah jendela berada tepat di belakang layar komputermu, monitor dikelilingi cahaya dan ini menyebabkan ketegangan mata. Jika duduk dengan jendela di belakangmu, matahari akan terpantul di layar, dan itu juga bisa membuat silau yang memicu sakit kepala.

Itulah mengapa para ahli menyarankan untuk duduk tegak lurus dengan jendela saat bekerja, karena silau pada layarmu akan berkurang. “Memiliki itu di sisimu akan memberimu pencahayaan terbaik,” kata Loesing.

Baca juga: Bill Gates: Kuasai 3 Keterampilan Ini Untuk Sukses Di Masa Depan

Ia menambahkan, jika bisa, pilih jendela yang menghadap utara atau selatan, agar sinar matahari tidak menimbulkan bayangan pada waktu yang berbeda dalam satu hari,. Dengan begitu, kamu mendapatkan cahaya yang konsisten sepanjang hari.

Jika tidak dapat mengubah posisi duduk, gunakan kain dan tirai

Jika kamu tidak punya pilihan selain menatap jendela saat bekerja, saran dari Deborah Gottesman, pendiri dan desainer pencahayaan utama Gottesman Associates, kamu masih bisa mengurangi cahaya matahari dengan menggantung kain tipis, sesuatu yang agak tembus cahaya.

Jika kamu mendapatkan sinar matahari langsung yang tidak nyaman, kamu tidak perlu menutup tirai sepenuhnya. Arahkan mereka ke atas untuk membuat sumber cahaya tidak langsung, kata Gottesman.

Ingatlah untuk memanfaatkan lampu baca

Jika kamu melakukan banyak tugas antara membuat catatan atau membaca makalah sambil menggunakan komputer, kamu harus menggunakan task lights khusus, kata para ahli.

Apapun task lights yang kamu pilih, dapatkan lampu dengan penyesuaian penuh, sehingga kamu dapat memiringkannya ke ketinggian idealmu, Loesing merekomendasikan. Namun sebelum mulai menyesuaikan task lights di mejamu, pertimbangkan caramu duduk.**(Feb)

Tinggalkan Balasan