Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, April 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Bisa Ditiru, Pemimpin Inspiratif Lakukan 10 Hal Ini Saat Bicara (Bagian 1)

Ilustrasi (Dok. Entity)

Topcareer.id – Pemimpin yang menginspirasi juga merupakan komunikator yang luar biasa. Pelatih eksekutif dan pakar kepemimpinan Ian MacFarlane mengatakan, kepemimpinan adalah tentang memiliki visi dan mengkomunikasikannya secara efektif.

“Para pemimpin membangkitkan motivasi intrinsik, dan untuk melakukan itu, kekuatan persuasi mereka haruslah yang terbaik. Mereka harus beresonansi dengan dan membaca audiens mereka, apakah itu individu atau kelompok besar,” kata MacFarlane, mengutip Ladders.

Jadi apa saja kebiasaan komunikasi yang membedakan pemimpin rata-rata dari yang luar biasa? MacFarlane yang menghabiskan lebih dari tiga dekade sebagai pemimpin di industri jasa keuangan dan fintech ini berbagi soal hal tersebut.

Mereka memiliki pesan inti dan aliran yang positif

Untuk menyampaikan pesan secara efektif, kamu harus yakin tentang poin intinya. Kamu perlu memastikan untuk menyampaikan poin itu secara terstruktur dan logis, yang mencakup transisi yang mulus dan momen penekanan ulang. Sentuhan terakhir adalah tentang menjaga hal-hal positif dan membangkitkan semangat untuk meninggalkan kesan yang tahan lama.

“Penelitian telah menunjukkan bahwa kredibilitas ditingkatkan ketika pesan lancar, optimis, dan secara berkala menekankan kembali poin-poin penting. Luangkan waktu untuk membuat pidatomu mengalir dengan lancar,” kata MacFarlane.

Mereka mendengarkan dengan empati

Setiap pakar kepemimpinan atau komunikasi akan memberi tahumu bahwa mendengarkan itu sama pentingnya seperti berbicara. Dan pemimpin yang paling inspiratif menambahkan lapisan empati pada keterampilan mendengarkan mereka.

“Mendengarkan dengan empati adalah bagian integral dari komunikasi. Ketika kamu hadir saat bersama seseorang, kamu memberikan kesempatan untuk membuat impian dan kekhawatiran mereka diketahui. Itu selalu akan membantumu mengasah pesanmu agar selaras dengan mereka.”

Mereka menyatakan tujuan mereka secara ringkas dan efektif

Pemimpin yang menginspirasi mungkin berempati, tetapi mereka juga serius. Mereka mampu membuat kasus dengan cepat dan efektif serta bertujuan untuk meyakinkan dan ringkas. Dan mereka tahu bahwa di era kelebihan informasi ini, menit pertama sangat penting untuk membuat seseorang tetap terlibat.

Baca juga: 3 Cara Membuat Pewawancara Terkesan Saat Interview Kerja

“Bagian sentral dari pidatomu diperlukan untuk kredibilitas. Berikan beberapa poin detail untuk mendukung kasusmu. Terakhir, ulangi pesannya,” kata MacFarlane.

Mereka bercerita

Pemimpin yang menginspirasi adalah story teller. Inilah sebabnya orang mendengarkan mereka ketika mereka berbicara dan mengingat pengaruhnya, bahkan jika mereka tidak mengingat semua yang dikatakan.

“Manusia lebih menanggapi narasi daripada serangkaian fakta. Itu membuatmu lebih terhubung dan berbicara dengan pengalaman sehari-hari,” kata MacFarlane.

Mereka menggunakan pengait

Kamu mungkin memperhatikan beberapa pimpinanmu saat ini, dan di antara mereka mungkin menggunakan taktik mendongeng tertentu seperti menarik audiens mereka ke dalam apa pun yang akan mereka bagikan.

Ingin mencobanya sendiri? Mulailah dengan fakta yang tidak biasa yang dapat digunakan audiensmu di pesta atau mengobrol dengan teman. Atau, ajukan pertanyaan dan goda mereka bahwa kamu akan menjawabnya nanti.**(Feb)

Tinggalkan Balasan