Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
SekolahTren

Survei: 80,4% Sekolah dan Komite Sepakat Lakukan Pembelajaran Tatap Muka

Ilustrasi kenali jenis-jenis kekerasan di sekolah menurut Permendikbudristek Nomor 46 Tahun 2023.Ilustrasi kenali jenis-jenis kekerasan di sekolah menurut Permendikbudristek Nomor 46 Tahun 2023. (Dok/CBN)

Topcareer.id – Direktorat Sekolah Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan survei kesiapan pembelajaran tatap muka (PTM) di satuan pendidikan pada masa pandemi. Hasilnya, 80,4% kepala sekolah dan komite sudah melakukan kesepakatan untuk melakukan PTM.

Survei ini dilakukan untuk mengetahui kesiapan sekolah dasar dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka sesuai SKB Empat Menteri.

Selain itu, untuk mengetahui kendala yang dihadapi sekolah dasar dalam mempersiapkan pelaksanaan PTM, dan memperoleh data serta gambaran umum peran pemerintah daerah terkait kesiapan pelaksanaan PTM.

Melalui survei ini, Direktorat Sekolah Dasar ingin mendorong dinas pendidikan kabupaten/kota dan juga sekolah memenuhi daftar periksa kesiapan PTM.

“Daftar periksa ini penting dipenuhi sebelum PTM dilaksanakan. Supaya protokol sehatan benar-benar dijalankan, dan warga sekolah aman dalam melaksanakan PTM,” kata Sri Wahyuningsih, Direktur Sekolah Dasar, Kemendikbud dalam keterangannya, dikutip dari laman Direktorat Sekolah Dasar, Kemendikbud, Selasa (6/4/2021).

Baca juga: Catat, Ini 29 Mobil Yang Dapat Diskon Pajak Mulai April

Berdasarkan hasil survei, sekolah dasar yang sudah melaksanakan PTM sebanyak 78,3%, sekolah yang melaksanakan PTM di luar sekolah sebanyak 57,8%. Sementara sekolah yang tidak melaksanakan PTM di luar sekolah mencapai angka 42,2%.

Kemudian sebanyak 91,3% sekolah sudah melakukan panduan pelaksanaan PTM di satuan pendidikan dan sebanyak 8,7% belum melakukannya.

Lalu sebanyak 80,4% kepala sekolah dan komite sudah melakukan kesepakatan untuk melakukan PTM, sebanyak 17,4% belum melakukannya, dan 2,20% tidak mengetahui terkait PTM.

Direktorat Sekolah Dasar menurunkan pegawai dari semua fungsi untuk melakukan survei langsung ke sekolah. Objek sasarannya adalah kepala sekolah, guru, wali murid, peserta didik dan dinas pendidikan yang tersebar di 46 kabupaten/kota yang mewakili seluruh wilayah Indonesia.

Terdapat 591 responden yang terdiri dari 128 Guru, 138 siswa, 139 wali murid, 140 kepala sekolah dan 46 dinas pendidikan kab/kota.

Leave a Reply