Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Mei 14, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

7 Alasan WFH Bisa Tingkatkan Produktivitas

Foto Ilustrasi (flexjobs)

Topcareer.id – Pandemi virus corona yang melanda telah memaksa setiap negara di seluruh dunia menerapkan protokol kesehatan, terutama tentang menjaga jarak fisik antar manusia. Hal ini membuat bekerja dari rumah atau yang populer dengan istilah WFH (Working From Home) menjadi semakin nyata dan lazim.

Menjaga keseimbangan kehidupan kerja dan pribadi menjadi jauh lebih mudah ketika kamu bisa bekerja dari rumah.

Selama beberapa dekade, ada keraguan dari pemberi kerja untuk mengizinkan tim mereka bekerja dari rumah. Dan pandemi menjadi alasan yang bagus, bagaimana kita tahu bahwa pekerja jarak jauh benar-benar bekerja? Dan bagaimana cara kerja jarak jauh?

Di situlah kepercayaan dan teknologi yang baik berkembang. Jika perusahaan berani mengambil risiko untuk bekerja dari rumah, baik karyawan maupun perusahaan dapat menuai keuntungan.

Berikut 7 alasan bagus untuk bekerja dari rumah dan menjadi lebih produktif:

Karyawan WFH dapat menginvestasikan waktu yang digunakan untuk perjalanan
Perjalanan ke kantor dan waktu tempuh itu sebagian besar adalah waktu yang hilang. Dan penelitian menunjukkan bahwa waktu perjalanan juga semakin lama. Saat ini banyak orang lebih suka menginvestasikan kembali waktunya untuk bekerja dari jarak jauh dan meningkatkan produktivitas mereka.

Baca juga: Perusahaan Besar di Singapura Perhatikan Kesehatan Mental Karyawannya yang WFH

Gangguan dari lingkungan kantor berkurang saat bekerja dari rumah
Bekerja dari rumah juga meningkatkan produktivitas karena lebih mudah untuk fokus. Di kantor, terutama kantor yang open space membuatmu banyak menyapa orang, mengobrol dan menambah banyak waktu yang hilang. Ketika bekerja dari rumah, jika kamu memanfaatkan sepenuhnya teknologi yang kamu miliki, maka kamu dapat lebih fokus dan produktif.

Pekerja jarak jauh bisa lebih produktif walau ada meeting
Gangguan besar bekerja salah satunya adalah meeting atau rapat. Bagaimana tetap produktif saat bekerja dari rumah bergantung pada bagaimana kamu menjalankan rapat tersebut. Coba pikirkan, apakah kamu membutuhkan begitu banyak rapat?

Di kantor ketika rapat bisa sangat boros waktu. Saat bekerja di rumah, ubah pola pikirnya. Apakah benar-benar perlu untuk rapat? Kembali ke dasar, apa yang sebenarnya perlu dibicarakan? Lakukan zoom meeting sesuai dengan hal yang perlu untuk mendapatkan hasil maksimal dari peningkatan produktivitas kerja di rumah.

Kehidupan kerja dan pribadi lebih seimbang
Salah satu alasan utama orang memilih atau meminta bekerja dari rumah adalah untuk keseimbangan kehidupan kerja dan pribadi. Perusahaan sebaiknya tidak dapat meremehkan seberapa tinggi skor ini dalam hal kepuasan karyawan.

Perusahaan yang bisa membuat karyawannya lebih mudah mengatur pekerjaan dan komitmen pribadinya jelas merupakan perusahaan yang bisa menghargai kamu sebagai manusia, bukan sekadar robot yang menghasilkan pekerjaan.

Saat seorang karyawan merasa lebih dihargai oleh perusahaan, mereka akan bekerja lebih produktif, dan cenderung tidak mencari peluang lain.

Baca juga: Jenis Skill Komunikasi yang Paling Ingin Dipelajari saat WFH

Introvert lebih produktif saat bekerja dari rumah
Itu tidak berarti bahwa introvert adalah penyendiri dan tidak dapat bertahan dalam kelompok, tetapi 2-3 hari bekerja dari rumah setiap minggunya adalah apa yang mereka butuhkan untuk merasa lebih santai. Dan inilah saat mereka paling produktif.

Sebagai manajer dan pemimpin perusahaan, penting untuk menyadari hal ini. Jika ingin mendapatkan tingkat produktivitas terbaik dari karyawan introvert, bekerja dari jarak jauh lebih baik untuk individu tersebut dan beri mereka waktu untuk mengatur pemikiran mereka.

Bekerja dari rumah lebih sehat dan nyaman
Ada banyak alasan kesehatan dan kenyamanan untuk bekerja dari rumah. Kamu bisa hemat waktu dan tenaga dari bepergian. Investasi waktu bisa kamu gunakan untuk berolahraga misalnya. Kamu cenderung tidak mudah jatuh sakit karena tidak tertular kuman orang lain.

Kamu bisa memakai pakaian yang kamu suka. Bisa menyetel suhu AC ruangan sesuai kenyamanan dirimu. Pilihan makan lebih sehat daripada yang dijual kantin kantor. Bebas mendengarkan musik apa pun yang kamu suka sambil bekerja tanpa khawatir mengganggu rekan kerja lain.

Penghematan biaya
Bekerja dari rumah bisa menghemat banyak uang baik dari karyawan maupun perusahaan. Tidak hanya lebih sedikit menyewa ruang kerja gedung, tetapi juga biaya operasional perusahaan seperti penggunaan listrik. Dan Bagi karyawan mereka lebih hemat ongkos harian.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan