Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Bukan Pengalaman, Ini yang Jadi Hal Penting pada Perekrutan Pasca Pandemi

Topcareer.id – Ketika perusahaan beradaptasi dengan masa depan setelah pandemi, kemampuan individu untuk menunjukkan keterampilan utamanya bisa jadi lebih penting daripada pengalaman atau jabatan mereka sebelumnya.

Hal itu bahkan berdasar wawasan baru dari para pemimpin di Microsoft dan LinkedIn, yang mengatakan bahwa transformasi bisnis yang cepat di bawah pandemi telah mengubah cara perusahaan merekrut dan mengembangkan staf mereka.

“Keterampilan akan menjadi mata uang baru di dunia pasca-pandemi,” kata Ahmed Mazhari, Presiden dan Wakil Presiden perusahaan Microsoft Asia, dikutip dari laman CNBC Make It.

Kebijakan lockdown yang disebabkan oleh virus corona memaksa pemberi kerja untuk bergerak cepat melalui tahun 2020, menerapkan teknologi baru dan cara kerja yang fleksibel.

“Akibatnya, lima tahun percepatan terjadi dalam satu tahun,” kata Direktur Pelaksana dan Wakil Presiden LinkedIn untuk Asia-Pasifik dan Cina, Olivier Legrand. Sekarang, tempat kerja menginginkan bukti bahwa karyawan dapat mengikuti laju perubahan.

Perekrutan berbasis keterampilan meningkat

Baca juga: Pilihan Karier Lulusan Manajemen Maritim Dan Shipping

Memang, itu sudah terjadi. Menurut LinkedIn, lebih dari tiga perempat (77%) pekerjaan yang diposting di platformnya di Asia-Pasifik tahun ini berfokus pada keterampilan daripada pengalaman industri dan jabatan tertentu.

Sementara itu, individu telah melipatgandakan pengembangan diri, menghabiskan 43 juta jam di LinkedIn Learning pada tahun 2020 saja.

“Narasi seputar pembelajaran seumur hidup telah beredar cukup lama. Tapi saya pikir dampak pandemi terhadap pekerjaan memindahkannya dari ‘menyenangkan’ menjadi ‘harus dimiliki’,” kata Legrand.

Itu tergantung pada kebutuhan akan keterampilan baru – atau dikenal sebagai kesenjangan keterampilan – dan sifat pekerjaan dan industri yang sekarang bersifat lintas disiplin.

“Setiap perusahaan harus memikirkan versi digitalisasi mereka sendiri, dan itu membutuhkan serangkaian keterampilan baru,” kata Legrand.

Yang paling utama di antaranya adalah keterampilan terkait teknologi, seperti machine learning, pengembangan software, digital maerketing, dan analitik data. Legrand menambahkan, keterampilan non-teknis seperti kepemimpinan, manajemen proyek dan komunikasi juga menjadi semakin penting.**(Feb)

Leave a Reply