Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Mei 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Dehidrasi Selama Berpuasa Bisa Dihindari, Ini Tipsnya

Topcareer.id – Haus adalah tanda dehidrasi. Terlepas dari apakah informasi ini mengejutkan atau tidak, sebenarnya jika kamu merasa haus, tandanya kamu sudah mengalami dehidrasi.

Saat berpuasa sepanjang hari di bulan Ramadhan tentu tubuh kamu rawan untuk mengalami dehidrasi dan kamu perlu menghindarinya.

Minum air putih saat berpuasa Ramadhan tentunya tidak diijinkan. Jangan khawatir, berikut ini 5 trik simple yang bisa membantumu menghindari dehidrasi selama menjalani ibadah puasa.

1) Minum cukup air di waktu yang tepat
Cobalah minum air mineral satu atau dua cangkir setidaknya setiap jam. Cara mudah untuk mengingat minum air adalah mengaitkannya dengan aktivitas sehari-hari yang umum. Beberapa situs web kesehatan menyarankan minum air saat iklan muncul ketika kamu menonton acara TV favorit. Hindari minuman manis serta kafein.

2) Fashion itu penting
Warna baju kamu, bahan celana, dan lapisan pakaian semuanya memainkan peran penting dalam menjaga suhu tubuh kamu serendah mungkin. Jika kamu bekerja di dalam ruangan, pilih kemeja berwarna terang. Jika sebagian besar hari kamu dihabiskan di luar, warna yang lebih gelap akan membantu melindungi kamu dari efek matahari. Namun, warna hitam tidak dianjurkan, karena cenderung menarik panas dan menguncinya. Jika kamu di rumah, kaos katun longgar yang memungkinkan keringat kamu menguap bisa menjadi pilihan yang baik.

3) Mandi dengan air dingin
Coba perhatikan tanda-tanda dehidrasi seperti bibir pecah-pecah, kulit memerah, kelelahan, peningkatan suhu tubuh, peningkatan pernapasan serta denyut nadi yang diikuti dengan pusing, peningkatan kelemahan, dan kesulitan bernapas. Jika kamu merasakan satu atau lebih dari gejala ini, kamu harus segera mencoba menurunkan suhu tubuhmu. Luangkan waktu untuk mandi air dingin. Jika kamu berada di kantor, basahi handuk kecil dengan air es dan tempelkan handuk ke dahi, area di sekitar telinga, hingga pangkal leher.

Baca juga: Agar Tak Dehidrasi Selama Puasa, Perhatikan 4 Hal Ini

4) Pilih menu dengan cerdas
Makanan yang banyak mengandung gula benar-benar bisa membuatmu mudah dehidrasi, sedangkan buah sangat cocok untuk memberikan tambahan air. Jadi, daripada mengakhiri pesta buka puasa dengan setumpuk manisan, sebaiknya makanlah beberapa irisan semangka atau jeruk. Salad hijau juga sumber air tambahan yang baik.

5) Berolahraga
Berolahraga akan membantu tubuh kamu membuang racun dan elemen berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan dehidrasi di kemudian hari. Pilih waktu yang tepat untuk berolahraga (disarankan dua hingga tiga jam setelah buka puasa) dan menghadiri kelas kardio.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan