Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Mei 14, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Begini Cara Generasi Milenial Menghemat Uang (Bagian 1)

Dok. Kiplinger

Topcareer.id – Milenial adalah generasi unik yang perlu tumbuh dengan uang dan teknologi pada hampir setiap langkah kehidupannya.

Tak hanya itu, kaum Milenial pun dikondisikan untuk mengikuti kuliah dan mendapatkan gelar, atau mengejar passion yang ia sukai.

Namun, jaman telah berubah dan generasi Milenial kini berjuang mendapatkan gaji tinggi untuk membayar biaya hidup dan fasilitas yang nyaman.

Meskipun demikian, tumbuh dengan teknologi telah memungkinkan banyak cara untuk menghemat uang dan menghasilkan pendapatan tambahan.

Berikut ini beberapa cara generasi milenial untuk menghemat uang dan menabung dari anggaran mereka.

Bagian pertama dari artikel:

Baca juga: Gaji Kecil Tapi Ingin Menabung? Ini Caranya

1) Hilangkan hutang
Faktor nomor satu yang memperlambat kemampuan untuk menabung adalah hutang. Jika ingin serius menabung maka rencanakan untuk menghilangkan hutang terlebih dahulu.

Dengan cara itu tidak akan ada yang bisa menghalangimu untuk mulai menabung dan mengumpulkan uang untuk masa depan.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan hutang dan tempat yang baik untuk memulainya adalah dengan melakukan riset.

2) Buat anggaran
Cara efektif untuk menghemat uang adalah mengarahkan ke mana pemasukanmu dalam bentuk anggaran. Ini biasanya dilakukan setiap gajian.

Perencanaan anggaran bertujuan memperjelas di mana kamu dapat membelanjakan uangmu dan kapan harus menghemat uang.

Penganggaran tidak hanya mengatur rencanamu untuk bulan tersebut, kamu juga bisa membatasi pengeluaran makan di luar seperti di restoran.

Ada beberapa aplikasi untuk membantu memulai anggaran keuangan. Atau cukup membuka excel dan membuat template bisa jadi cara terbaik.

Selain itu, mencetak selembar kertas dan menulis anggaran juga merupakan cara yang efektif untuk membuat anggaran.

3) Kerja sampingan
Ketika pulang kerja, kamu bisa mulai menjual sesuatu sebagai reseller, bekerja untuk memulai blog, atau meningkatkan pendapatan pemasaran afiliasi kamu.

Memiliki bisnis sampingan adalah cara yang efektif untuk menghasilkan pendapatan dan membantu meningkatkan potensi tabunganmu.

Saat menerapkan anggaran dan meningkatkan pendapatan, kamu benar-benar dapat meningkatkan potensi tabungan kamu.

4) Hindari Starbucks
Sebenarnya, menghabiskan sehari untuk secangkir latte di Starbucks, jika uangnya dikumpulkan bisa membuatmu mendapat banyak uang dalam setahun.

Sebaiknya, investasikan uang jajanmu untuk membuat kopi sendiri. Jangan buang uang untuk sesuatu yang mahal dan bisa kamu buat sendiri.

Jika menghentikan kebiasaan menghabiskan uang terlalu sulit, mulailah dari yang kecil, contohnya memilih opsi yang lebih murah.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan