Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, September 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Begini Cara Generasi Milenial Menghemat Uang (Bagian 2)

Topcareer.id – Milenial adalah generasi unik yang tumbuh dengan teknologi hampir di setiap langkah kehidupannya sehari-hari.

Tak hanya itu, kaum Milenial pun terkondisikan untuk mengikuti kuliah dan mendapatkan gelar, atau mengejar passion yang ia sukai.

Namun, jaman telah berubah dan generasi Milenial kini berjuang mendapatkan gaji tinggi untuk membayar biaya hidup dan fasilitas yang nyaman.

Meskipun demikian, tumbuh dengan teknologi telah memungkinkan banyak cara untuk menghemat uang dan menghasilkan pendapatan tambahan.

Berikut ini beberapa cara generasi milenial untuk menghemat uang dan menabung dari anggaran mereka.

Bagian kedua dari artikel:

Baca juga: Kesalahan Umum Yang Sering Dilakukan Ketika Berusaha Menabung

5) Berhemat dan kumpulkan sedikit demi sedikit
Percayalah bahwa tabungan kecil akan bisa bertambah. Sesimple mematikan semua listrik yang tidak terpakai sebelum berangkat kerja.

Mungkin kamu tidak selalu merasa membuat lompatan kemajuan secara finansial, tetapi ingatlah bahwa konsistensi adalah kuncinya.

Tabungan kecil setiap hari tumbuh dari waktu ke waktu, menyimpan uang di rekening deposito bisa membuat tabunganmu bertambah dengan sendirinya.

6) Berhemat pada makanan
Sebuah studi Bloomberg menemukan bahwa kaum milenial banyak menghabiskan lebih banyak uang untuk makan di luar daripada belanjaan.

Makan di luar rumah tidak hanya dianggap sebagai acara sosial, tetapi waktu dan kenyamanan juga memainkan peran kunci.

Jadi, apa yang dapat kaum milenial lakukan untuk menghemat uang makan?

Jadikan makan di luar itu istimewa. Tetapkan hari yang menyenangkan untuk dirimu sendiri untuk makan keluar.

Dengan begitu kamu masih bisa menghemat uang makan dan tetap bisa menikmati pengalaman makan di restoran.

Manfaatkan semaksimal mungkin. Saat kamu memutuskan untuk makan di luar, pastikan kamu mendapatkan hasil maksimal dari uangmu.

Sebaiknya pilih air mineral saat makan di luar. Jika masih seorang pelajar, coba periksa tempat-tempat yang memberikan diskon pelajar.

7) Jalani hidup untuk diri sendiri, bukan untuk Instragram
Berhentilah membandingkan diri kamu dengan orang lain yang memiliki lebih banyak uang terutama pada mereka yang suka pamer di Instagram.

Penggunaan media sosial yang berlebihan di kalangan milenial membuat sulit untuk menghindari membandingkan diri dengan orang lain maupun dengan artis.

Daripada pamer di Instagram, putuskan saja apa yang kamu inginkan dan tetapkan ekspektasi masuk akal tentang cara memenuhi tujuan tersebut.

Jika ingin bepergian, luangkanlah waktu dan buat anggaran serta rencanakan perjalanan sesuai batasan kemampuan kamu dan mulailah menabung untuk itu.

Membuat dan memenuhi tujuanmu sendiri akan membuatmu merasa jauh lebih baik daripada menatap Instagram kamu dan membenci orang lain.

8) Ketahui berapa hutangmu dan anggarkan untuk itu
Mulailah memperhatikan kebiasaan belanja dan hutang kamu.

Bahkan jika kamu harus berhutang, perhatikan berapa banyak kamu akan berhutang, berapa banyak yang kamu hasilkan, serta berapa banyak yang akan kamu belanjakan.

Ini bisa menjadi hal yang menakutkan untuk dilihat, tetapi lebih baik mengetahui dengan tepat apa yang kamu hadapi daripada membiarkannya.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan