Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Mei 13, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

7 Trik Psikologi Agar Perekrut Menyukaimu (Bagian 1)

Dok. istockphoto.com

Topcareer.id – Pada 2013, sekelompok peneliti Stanford menganalisis lebih dari 1.000+ pertemuan (dating) cepat untuk melihat apa yang membuat pasangan ‘klik’ dalam empat menit. Para peneliti menemukan bahwa kata-kata penting. Hal ini bisa dipraktikkan dalam wawancara kerja agar perekrut menyukaimu.

Dan jika kata-kata penting, maka bagaimana kamu menggunakannya dalam wawancara yang bisa membantu memainkan beberapa trik psikologis yang akan membuat perekrut menyukaimu. Berikut beberapa trik psikologis agar manajer perekrutan menyukaimu, dilansir dari Ladders.

1. Keyakinan itu penting

Tepat waktu dan berpakaian bagus tidak akan merugikanmu dalam wawancara, tetapi cara jitu untuk menciptakan perbedaan di antara kandidat lain adalah dengan membiarkan kepercayaan dirimu terpancar.

Dari saat kamu memasuki ruang wawancara, kamu memiliki banyak kesempatan untuk menunjukkan kepercayaan diri Anda. Caramu membawa diri pada saat-saat pertama wawancara dapat membantu mendapatkan pekerjaan. Berikut beberapa petunjuk untuk menunjukkan kepercayaan dirimu:

Tersenyum. Senyuman yang lebar dan tulus menunjukkan kepercayaan diri dan keterampilan orang.

Jangan berjalan terlalu cepat. Dekati meja/meja pewawancara dengan langkah tenang dan percaya diri yang tidak terlalu cepat tetapi tidak terlalu lambat.

Jaga pundak dan dagu sedikit lebih tinggi. Pesulap akan memberi tahumu bahwa penampilan panggung dan cara mereka tampil sangat penting. Mengetahui hal ini, salah satu trik yang mereka gunakan adalah menjaga bahu mereka ke belakang, dada sedikit keluar, dan dagu sedikit lebih tinggi dari biasanya.

Jaga kontak mata. Mempertahankan kontak mata adalah atribut klasik kepercayaan diri. Gunakan itu.

2. Cocokkan bahasa tubuhnya

Pastikan untuk mencocokkan bahasa tubuh mereka saat kamu wawancara untuk mendapatkan keunggulan. Diperkirakan 80% komunikasi adalah bahasa tubuh dan nada suara.

Baca juga: Begini Cara Jadi Content Creator Dan Influencer Yang Kaya

Pastikan kamu duduk tegak di kursi, tersenyum, dan tangan tetap rileks. Jangan ragu untuk berbicara dengan tanganmu sesekali, tetapi jangan berlebihan.

Mengangguk saat mereka mengangguk, dan pastikan untuk membaca bahasa tubuh mereka. Membaca bahasa tubuh adalah cara penting untuk berhubungan dengan siapapun.

3. Dengarkan dengan seksama

Mendengarkan dengan seksama sangat penting selama wawancara. Manajer perekrutan ingin melihat kamu menjawab pertanyaan mereka dengan anggukan halus.

Melihat sekeliling dan gelisah adalah hal yang dilarang saat kamu melakukan wawancara dan menunjukkan bahwa kamu mungkin gugup, sibuk, atau tidak memperhatikan.

Perlu diingat bahwa kamu dapat mendengarkan secara efektif dengan memparafrasekan pertanyaan mereka, tersenyum, mengangguk, dan tetap fokus.**(Feb)

Tinggalkan Balasan