Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, Mei 16, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

7 Trik Psikologi Agar Perekrut Menyukaimu (Bagian 2)

Dok. Money Crasher

Topcareer.id – Pada 2013, sekelompok peneliti Stanford menganalisis lebih dari 1.000+ pertemuan (dating) cepat untuk melihat apa yang membuat pasangan ‘klik’ dalam empat menit. Para peneliti menemukan bahwa kata-kata penting. Hal ini bisa dipraktikkan dalam wawancara kerja agar perekrut menyukaimu.

Dan jika kata-kata penting, maka bagaimana kamu menggunakannya dalam wawancara yang bisa membantu memainkan beberapa trik psikologis yang akan membuat perekrut menyukaimu. Berikut beberapa trik psikologis agar manajer perekrutan menyukaimu, dilansir dari Ladders.

4. Puji mereka

Pujian yang tulus dengan antusiasme bisa sangat bermanfaat. Apakah kamu memuji manajer perekrutan, perusahaan, atau keduanya. Jika kamu melakukannya dengan cara yang benar, kamu dapat membangun kepercayaan.

Apakah kamu memuji atau gedung kantor atau sesuatu yang mereka kenakan secara pribadi, ada saat-saat kecil untuk menyanjung manajer perekrutan yang akan membantumu.

5. Ciptakan kesamaan

Salah satu trik psikologis terbaik yang dapat kamu gunakan adalah menciptakan kesamaan. Kadang-kadang disebut memperpanjang tangga dalam penjualan.

Kamu dapat berbicara tentang perguruan tinggi, olahraga, kenalan bersama, keluarga – sebut saja – tetapi berusahalah untuk menemukan kesamaan dengan pewawancara di awal wawancara.

Baca juga: Dipecat Dari Pekerjaan Impian? Coba Lakukan 3 Hal Ini

Jangan membumbui mereka dengan pertanyaan, lakukan jika mereka mengatakan sesuatu seperti, “Saya perhatikan Anda kuliah di Universitas X,” Anda dapat menindaklanjutinya dengan “Ya, saya di sana! kelas 2009, apakah Anda pernah memiliki kesempatan untuk berkunjung?”

6. Berpakaianlah dengan benar

Warna dan apa yang kamu kenakan penting. Dalam kebanyakan kasus, setelan bisnis (pria atau wanita) adalah suatu keharusan, tetapi warna apa yang cocok denganmu? Lakukan riset untuk mencari tahu warna apa yang harus kamu kenakan untuk mengesankan manajer perekrutan, dan ingatlah apa yang membuatmu terlihat bagus.

7. Putar pertanyaannya

Terkadang kamu akan ditanyai pertanyaan yang rumit. Ada beberapa hal yang dicari manajer perekrutan di hampir setiap wawancara kerja. Satu-satunya tujuan pertanyaan wawancara adalah untuk menjawab apakah kamu sesuai dengan budaya perusahaan, apa yang membuatmu menonjol.

Mengetahui hal ini, gunakan untuk keuntunganmu dan putar pertanyaan dengan mengulangi dan menambahkannya. Misalnya, kamu bisa mengucapkan hal-hal seperti:

“Saya tahu Anda besar dalam budaya perusahaan; Saya punya banyak pengalaman dengan [Masukkan contoh pengalaman],”

“Sebagai manajer perekrutan, tugas Anda adalah melihat seberapa baik saya melakukan tugas pekerjaan saya, dan saya dapat meyakinkan Anda bahwa ketika saya masih bersama perusahaan X, salah satu proyek yang kami pimpin …”

Selamat mencoba ya, sukses selalu.**(Feb)

Tinggalkan Balasan