Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Mei 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Studi: Pengering Tangan Udara Sebarkan Lebih Banyak Kuman

Topcareer.id – Selama pandemi Covid-19, banyak bisnis yang beralih ke metode tanpa sentuhan untuk mengurangi peluang penyebaran kuman. Misal, banyak toilet menggunakan pengering tangan daripada handuk kertas.

Namun, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Infection Control & Hospital Epidemiology, pemakaian pengering tangan tidak seefektif yang kita kira.

Pengering udara berkecepatan tinggi sebenarnya dapat meninggalkan lebih banyak kontaminasi di tangan daripada handuk kertas.

Selain itu, mereka dapat menyebarkan kuman ke pakaianmu, yang menyebabkan lebih banyak kuman yang berpindah ke permukaan lain.

Apa yang ditemukan oleh studi tersebut?

Paul S. Pottinger, seorang dokter bersertifikat dan direktur Klinik Penyakit Menular & Pengobatan Tropis di University of Washington Medical Center-Montlake, yang tidak terlibat dalam studi baru, mengatakan tujuan dari penelitian baru ini adalah untuk mencoba untuk memahami apakah metode pengeringan tangan yang berbeda dapat mempengaruhi penyebaran kuman di lingkungan rumah sakit.

“Untuk memahami itu, (para peneliti) mensimulasikan tangan yang terkontaminasi dengan merawat tangan (baik telanjang atau bersarung) dengan virus yang tidak berbahaya, kemudian meminta peserta untuk mengeringkan tangan mereka, baik menggunakan handuk kertas atau menggunakan pengering udara,” kata Pottinger, dikutip Healthline.

Mereka kemudian mendeteksi jumlah virus yang dipindahkan ke berbagai permukaan di sekitar rumah sakit.

Baca juga: Dipecat Dari Pekerjaan Impian? Coba Lakukan 3 Hal Ini

Ketika para peneliti membandingkan dua metode pengeringan, mereka menemukan bahwa orang yang mengeringkan tangan mereka menggunakan pengering udara telah menyebarkan lebih banyak virus.

Pottinger mengatakan yang terpenting adalah mencuci tangan dengan hati-hati menggunakan sabun dan air minimal 30 detik.

“Cara kita memilih untuk mengeringkan tangan relatif kurang penting. Tapi, seperti yang ditunjukkan oleh penelitian, mungkin ada keuntungan dalam memilih handuk kertas daripada pengering tangan listrik,” kata Pottinger.

“Dalam kedua kasus tersebut, yang paling penting adalah memastikan bahwa kita mencegah tangan yang baru dibersihkan agar tidak bersentuhan dengan permukaan yang terkontaminasi, termasuk dispenser tisu atau pengering tangan,” jelasnya.

Pottinger mengatakan dia secara pribadi memilih handuk kertas, tidak hanya untuk alasan yang ditunjukkan dalam penelitian, tetapi karena memungkinkan dia untuk memegang gagang pintu kamar kecil dengan handuk kertas menutupi tangannya untuk menghindari kontaminasi.**(Feb)

Tinggalkan Balasan