Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Mei 13, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Kurangi Rapat, Nasihat Elon Musk untuk Tingkatkan Produktivitas

Elon Musk. Dok/The Verge

Topcareer.id – Menggunakan akal sehat, tidak mengikuti beberapa aturan, dan mengurangi porsi rapat adalah nasihat utama Elon Musk kepada karyawannya.

Pada tahun 2018 nasihat melalui email tersebut bocor. Tujuan dari mengabaikan beberapa peraturan dan kurangi rapat adalah untuk meningkatkan dan memenuhi target produktivitas dalam memproduksi Model 3.

Berikut ini 5 nasihat Elon Musk agar karyawannya bisa meningkatkan produktivitas kerja

1) Katakan “TIDAK” untuk rapat yang lama
Menurut Musk, ini “adalah wabah bagi semua perusahaan dan hampir selalu memburuk seiring berjalannya waktu.”

Nasihat Musk adalah tinggalkan semua meeting atau pergi, kecuali jika penyelenggara rapat benar-benar akan memberikan value kepada pesertanya.

Baca juga: Ini Yang Harus Kamu Tahu Jika Ingin Kerja Di Perusahaan Elon Musk

2) Sering rapat juga tidak baik
“Frekuensi pertemuan harus dikurangi, kecuali jika itu masalah yang sangat mendesak,” menurut Musk. Setelah masalah selesai, frekuensi pertemuan harus berkurang.

3) Tinggalkan rapat jika kamu tidak berkontribusi
Bagi Musk “tidaklah kasar bagi karyawan untuk pergi meninggalkan rapat, dan tidak sopan jika atasan membuat karyawan membuang-buang waktu mereka.”

Orang terkaya sejagat itu menyarankan karyawannya untuk meninggalkan meeting jika sedang tidak memiliki kontribusi apa-apa untuk menambah value dalam rapat.

4) Berkomunikasi secara langsung tanpa memandang hierarki
“Komunikasi harus menempuh jalur terpendek yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan, bukan melalui proses birokrasi sesuai hierarki yang panjang,” kata Musk.

Sumber utama masalah adalah komunikasi yang buruk antar departemen. Cara mengatasinya dengan membiarkan informasi mengalir bebas di antara semua jabatan.

Jika seorang staf ingin menyampaikan hal penting bagi perusahaan dengan direktur harus melalui proses birokrasi berantai yang panjang sesuai hierarki jabatan, maka hal-hal yang sangat konyol akan terjadi.

Menurut Musk, bahkan seorang staf pun boleh berbicara langsung kepada CEO tanpa melalui manajernya yang akan menyampaikan pesannya demi mewujudkan hal yang benar.

5) Gunakan akal sehat dan jangan ikuti semua aturan
Miliarder tersebut menjelaskan bahwa jika mengikuti “aturan perusahaan” jelas konyol dalam situasi tertentu, maka aturan tersebut harus berubah.

Untuk melakukan ini, dia merekomendasikan penggunaan akal sehat sebagai panduan dalam mengambil keputusan.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan