Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Mei 14, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tips Makan Sushi yang Benar

Sushi. (dok. istimewa)

Topcareer.id – Meskipun kamu tidak akan dikeluarkan dari restoran Jepang karena cara makan sushi yang buruk, mengetahui cara makan sushi dengan benar dapat meningkatkan pengalamanmu.

Makan sushi bisa menjadi pelajaran budaya. Ini bukanlah hobi yang murah, jadi mengapa tidak bersenang-senang dan mempelajari sesuatu tentang budayanya?

Chef sushi perlu serius belajar bertahun-tahun untuk menguasai seni membuat sushi. Menerapkan beberapa etiket dasarnya akan menghargai kreasi mereka dengan cara yang tepat.

Berinteraksi dengan Chef
Kamu bisa memanggil chef sushi jika diperlukan, tanyakan segera apa yang dia rekomendasikan. Dia akan tahu apa yang bagus untuk hari itu.

Ambil lah menu rekomendasinya, jika kamu memilih secara acak itu menunjukkan bahwa kamu tidak tertarik dan tidak menghargai pendapatnya.

Jika hidangan rekomendasi chef ternyata menjadi pengalaman yang tak terlupakan, kamu bisa menawarkan membelikan segelas sake untuk chef tersebut.

Jangan pernah mencoba memberikan uang, bahkan tip, kepada chef. Pemberian tip jarang terjadi dalam kebiasaan orang Jepang, dan perlu dilakukan dengan sangat hati-hati.

Persiapan makan
Handuk basah digunakan untuk membersihkan tangan sebelum makan, terutama karena cara makan maki dan nigiri yang tradisional. Gunakan handuk untuk membersihkan jari, jangan gunakan di wajah untuk menyegarkan diri!

Tuang sedikit kecap asin ke dalam mangkuk. Membuang kecap adalah hal yang tabu dalam etika makan Jepang yang serius.

Menuangkan terlalu banyak kecap juga menandakan bahwa kamu mencurigai sushi yang disajikan oleh chef.

Ikuti etika dasar tentang cara menggunakan sumpit dengan sopan saat makan sashimi atau irisan ikan mentah tanpa nasi. Jika kamu hanya makan sushi nigiri, itu tidak membutuhkan sumpit.

Jangan tambahkan wasabi ke dalam kecap. Meskipun ini adalah praktik umum di Barat, mencelupkan sushi kamu ke dalam campuran ini bukanlah cara terbaik untuk menikmatinya.

Saat tidak makan, sumpit harus diletakkan di dudukan di samping piring, rapi dan sejajar dengan meja, bukan di piring atau mangkuk celup.

Meninggalkan sumpit di tempat lain mungkin menunjukkan bahwa kamu sudah selesai makan. Menempatkan sumpit di antara potongan sashimi masih dianggap sopan dan dapat diterima.

Baca juga: Hidup Sehat Dengan Menyantap Makanan Asia

Penggunaan wasabi dan jahe
Chef akan menambahkan sedikit wasabi ke setiap potongan, berdasarkan jenis ikannya, untuk menonjolkan rasa.

Restoran Jepang menyediakan wasabi tambahan untuk mengakomodasi orang-orang dengan minat pedas. Namun, menambahkan terlalu banyak wasabi di depan Chef sushi akan sangat menyinggungnya.

Jika kamu perlu menambahkan wasabi, oleskan sedikit pada ikan dengan sumpit atau jahe. Jangan gunakan jahe di atas sushi sebagai pelengkap, mengisap wasabi ekstra dari sumpit juga dianggap tindakan yang buruk.

Mengisap peralatan makan atau menggunakannya untuk menunjuk itu dianggap tidak baik.

Jahe segar disediakan untuk membersihkan langit-langit mulut dan tidak boleh dimakan bersamaan dengan sepotong sushi. Kamu bisa meminta jahe tambahan jika membutuhkannya.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan