Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Mei 13, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Rugi Hingga Rp 65,3 Triliun, LG Tarik Diri dari Pasar Smartphone

Topcareer.id – LG Electronics Inc Korea Selatan mengatakan pada hari Senin (5/4) bahwa mereka akan menghentikan produksi smartphonenya yang merugi. Hal ini menjadikannya merek smartphone besar pertama yang sepenuhnya menarik diri dari pasar.

Keputusannya untuk menarik diri akan meninggalkan 10% sahamnya di Amerika Utara, di mana itu adalah merek No. 3, yang akan dikuasai oleh raksasa smartphone Apple Inc dan Samsung Electronics.

Divisi tersebut telah mencatat kerugian selama hampir enam tahun dengan total sekitar US$ 4,5 miliar atau sekitar Rp 65,3 triliun.

Keluar dari sektor smartphone yang sangat kompetitif akan memungkinkan LG untuk fokus pada area pertumbuhan lain seperti komponen kendaraan listrik, dan smart home device.

LG pernah memasarkan sejumlah inovasi ponsel termasuk kamera sudut ultra lebar dan pernah menjadi produsen smartphone terbesar ketiga di dunia di tahun 2013, setelah Samsung dan Apple.

Baca juga: Awas, Wallpaper Pemandangan Ini Akan Merusak Smartphone Kamu!

Namun kemudian, model andalannya mengalami kesalahan perangkat lunak dan perangkat keras. Analis juga mengkritik perusahaan karena kurangnya keahlian dalam pemasaran dibandingkan dengan saingannya China.

Saat ini pangsa globalnya hanya sekitar 2%. LG hanya mengirimkan 23 juta ponsel tahun lalu dibandingkan dengan 256 juta untuk Samsung.

Selain Amerika Utara, LG memiliki eksistensi yang cukup besar di Amerika Latin, di mana ia menempati peringkat merek No. 5.

“Di Amerika Selatan, perusahaan Samsung dan China seperti Oppo, Vivo dan Xiaomi diharapkan mendapat keuntungan di segmen low to mid-end,” kata Park Sung-soon, analis di Cape Investment & Securities.

Sementara merek ponsel terkenal lainnya seperti Nokia, HTC dan Blackberry juga telah jatuh dari ketinggian, namun mereka belum hilang sama sekali.

Divisi ponsel cerdas LG dari 5 divisi lainnya hanya menyumbang sekitar 7% dari pendapatan. Di Korea Selatan, karyawan divisi tersebut akan dipindahkan ke bisnis dan afiliasi LG Electronics lainnya.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan