Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Agustus 2, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Awas, Wallpaper Pemandangan Ini Akan Merusak Smartphone Kamu!

Dok/SlashgearDok/Slashgear

Topcareer.id – Tak selamanya gambar pemandangan alam yang indah bisa mempercantik tampilan layar smartphone android kamu. Contohnya gambar yang pernah viral ini.

Puluhan pemilik ponsel Android ramai-ramai memposting di media sosial bahwa gambar pemandangan yang menampilkan danau, matahari terbenam, awan mendung lembayung, dan garis tepi danau yang hijau telah merusak smartphone android mereka saat digunakan sebagai wallpaper.

Beberapa merek yang tampaknya terpengaruh termasuk smartphone android, Samsung dan Google Pixel. Bug membuat layar menyala dan mati terus menerus. Dalam beberapa kasus, diperlukan pengaturan ulang pabrik.

Banyak media menganjurkan untuk tidak mencobanya pada smartphone android.

Sebuah tweet tentang masalah ini pada akhir Mei 2020 silam telah mendapatkan ribuan suka dan tweet ulang, dengan beberapa melaporkan bahwa ponsel android mereka yang mencobanya juga terpengaruh.

Baca juga: Begini Cara Aktifkan Dark Mode di Whatsapp Android

Jurnalis teknologi Bogdan Petrovan di Android Authority mengatakan bug itu tidak memengaruhi Huawei 20 Pro-nya tetapi menyebabkan Google Pixel 2 tidak berfungsi.

“Setelah mengatur gambar yang dimaksud sebagai wallpaper, ponsel langsung crash. Mencoba melakukan reboot, tapi layarnya terus-menerus menyala dan mati, sehingga tidak mungkin melewati layar keamanan,” katanya.

Memulai ulang perangkat dalam mode aman (dengan menahan tombol volume selama boot-up) juga tidak menyelesaikan masalah.

Masalah ini tampaknya memengaruhi beberapa smartphone android, tetapi tidak semua perangkat yang menjalankan sistem operasi Android versi Android 10.

Belum ada alasan resmi yang diberikan untuk bug tersebut, tetapi ada analisia untuk masalah ini. Karena kualitas foto digital telah meningkat, ponsel perlu memeriksa apa ‘ruang warna’ gambar itu untuk mengetahui bagaimana menampilkannya dengan benar pada layar.

“Ada beberapa cara berbeda untuk menentukan ruang warna. Beberapa ruang memiliki kegunaan khusus dalam desain grafis, jadi terkadang kamu akan melihat gambar yang tidak dalam format ‘RGB Standar’ biasa. Mungkin fotografer sengaja membuat gambar yang memiliki lebih banyak informasi warna dan hanya dapat ditangani oleh beberapa perangkat.

Smartphone android macet karena tidak tahu bagaimana menangani informasi warna gambar dengan benar, dan pengembang perangkat lunak mungkin tidak menganggap hal ini akan terjadi.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan