Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, Mei 16, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cara Ampuh Atasi Stres selama Pandemi (Bagian 1)

Topcareer.id – Tidak diragukan lagi pandemi telah menjadi tantangan sepanjang tahun. Aturan pembatasan dan penguncian menyebabkan stres bagi banyak orang.

Pandemi COVID-19 tak hanya berdampak pada kesehatan, banyak pekerja dan pelajar melaporkan mereka terpengaruh secara negatif oleh stres.

Berikut ini 10 cara untuk membantu kamu mengatasi stres selama masa pandemi virus corona yang belum berakhir.

Bagian pertama dari artikel:

1) Buat rutinitas harian yang nyaman
Membuat rencana terstruktur setiap hari dengan batasan yang jelas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi akan memberimu kendali di tengah ketidakpastian.

Cobalah membagi hari menjadi aktivitas kecil dan pastikan meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai agar mengurangi stres.

Fokuslah untuk mendapatkan jumlah tidur yang cukup dan makan makanan sehat secara teratur.

2) Latihan
Aktivitas fisik dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan mental kamu terutama jika kamu merasa stres.

WHO merekomendasikan 150 menit aktivitas fisik dengan intensitas sedang atau 75 menit aktivitas fisik dengan intensitas tinggi per minggu.

Baca juga: Gen X Generasi ‘Paling Stres’ Tetapi Juga Yang Terbaik

Kurangi membaca berita dan dekatkan diri dengan alam

3) Tetapkan batasan berita tentang COVID-19
Terus menerus memeriksa berita terbaru tentang virus corona secara berlebihan dapat membuatmu stres dan lelah secara emosional.

Cobalah untuk membuat upaya sadar untuk memutuskan dan membangun kebiasaan membaca berita yang sehat.

Cari informasi faktual dari sumber tepercaya dan atur waktu tertentu untuk memeriksa berita (pagi dan sore hari).

Tonton berita dengan orang lain untuk mendiskusikan kekhawatiran yang mungkin kamu miliki dan untuk menghindari pikiran cemas yang tidak terkendali.

4) Luangkan waktu di alam
Cobalah untuk menghabiskan waktu di alam karena banyak penelitian telah menunjukkan bahwa hal itu memiliki efek positif pada kesehatan mental.

Menghabiskan 20 menit untuk berhubungan dengan alam dapat membantu menurunkan kadar hormon stres.

Pertimbangkan untuk berjalan-jalan di taman setelah bekerja. Waktu yang dihabiskan di alam juga berkontribusi pada kesehatan fisik kamu.

5) Latihan pernapasan terkontrol
Ketika kamu stress, tubuhmu akan melakukan respons melawan atau lari. Keadaan ini bertujuan untuk membantu kamu dalam menanggapi situasi berbahaya.

Jika membiarkan tubuh tetap stres untuk waktu yang lama, respons melawan atau lari akan menekan sistem pencernaan dan kekebalan.

Oleh karena itu, pernapasan terkontrol sangat penting untuk mengatasi proses ini dengan memperlambat pernapasan dan mengatur asupan oksigen.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan