Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juni 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Haruskah Konsumsi Sayuran Hijau Setiap Kali Makan?

sayurSayur-sayuran.

Topcareer.id – Studi baru yang dirilis oleh Universitas Edith Cowan mengatakan makan hanya satu cangkir sayuran kaya nitrat setiap hari tampaknya secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain bit, sebagian besar sayuran kaya nitrat adalah dari varietas hijau dan berdaun. Contohnya termasuk bayam, kubis, dan selada. Selain risiko penyakit jantung, tim peneliti juga menyelidiki apakah asupan nitrat yang konsisten berkorelasi dengan tekanan darah yang lebih rendah.

“Hasil kami menunjukkan bahwa hanya dengan makan satu cangkir sayuran mentah (atau setengah cangkir masak) sayuran kaya nitrat setiap hari, orang mungkin dapat secara signifikan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular,” kata ketua peneliti Dr. Catherine Bondonno dari Institut Penelitian Nutrisi ECU, dikutip dalam laman Ladders.

“Penurunan risiko terbesar terjadi pada penyakit arteri perifer (26 persen), sejenis penyakit jantung yang ditandai dengan penyempitan pembuluh darah di kaki, namun kami juga menemukan bahwa orang-orang memiliki risiko lebih rendah terkena serangan jantung, stroke, dan gagal jantung. ”

Jadi, apakah semua ini berarti kamu harus makan sayuran hijau dan ubi bit untuk sarapan, makan siang, dan makan malam? Menariknya, penulis studi melaporkan bahwa manfaatnya tampaknya berkurang jika lebih dari satu cangkir dikonsumsi setiap hari.

Baca juga: Bahaya Konsumsi 3-4 Telur Dalam Seminggu

“Orang tidak perlu mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan kadar nitrat mereka karena penelitian menunjukkan bahwa satu cangkir sayuran berdaun hijau setiap hari sudah cukup untuk meraup manfaat bagi penyakit jantung,” jelas Dr. Bondonno.

“Kami tidak melihat manfaat lebih lanjut pada orang yang makan sayuran kaya nitrat dengan tingkat yang lebih tinggi.”
Jika kamu selalu takut dengan rasa bayam atau brussel sprout, ingatlah ada cara yang lebih mudah untuk mendapatkan dosis harian sayuran yang menyehatkan jantung. Penulis studi menyarankan untuk menambahkan bayam ke dalam pisang atau smoothie berry, misalnya.

“Memadukan sayuran hijau baik-baik saja, tetapi jangan dibuat menjadi jus. Membuat jus sayuran menghilangkan daging dan seratnya,” jelas Dr. Bondonno.

Dalam beberapa tahun terakhir semakin banyak penelitian telah muncul yang menghubungkan sayuran hijau dengan fungsi kardiovaskular dan otot yang lebih kuat.

Banyak orang mungkin tidak suka menghabiskan sayuran mereka saat kecil, tetapi setiap orang dewasa harus makan setidaknya beberapa sayuran setiap hari.

Tinggalkan Balasan