Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, Juni 20, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cara Hindari Makan Berlebihan Saat Hari Raya

Ilustrasi. (dok. Shutterstock)

Topcareer.id – Banyak orang sering merasa bersalah karena makan berlebihan pada kesempatan tertentu.

Walaupun hari libur spesial seperti lebaran, natal, dan ulang tahun adalah alasan yang tepat untuk memanjakan diri dengan makanan enak. Namun jika kamu terlalu sering makan berlebihan, kesehatanmu mungkin akan menurun baik secara mental maupun fisik.

Penyebab makan berlebih:

  • Lelah
    Orang cenderung tertarik pada makanan manis atau kaya karbohidrat saat merasa lelah.
  • Kebosanan
    Ngemil terkadang menjadi pilihan untuk mengisi waktu. Sangat mudah juga untuk ngemil tanpa berpikir saat menonton film atau TV.
  • Alkohol
    Sedikit minum minuman beralkohol dapat meningkatkan nafsu makan dan juga menghalangi rasa kenyang.
  • Tidak minum cukup air
    Tubuh yang kekurangan cairan sering mengartikannya dengan salah sebagai rasa lapar.

Baca juga: Tips Makan Sushi yang Benar

Cobalah 3 hal sederhana ini jika kamu ingin berhenti makan berlebihan:

1) Lebih Perhatian
Sering kali kamu begitu sibuk terburu-buru mengejar komitmen keluarga dan pekerjaan sehingga membuat pilihan makanan yang tidak masuk akal.

Mulailah lebih sadar dengan memeriksa diri sendiri setiap kali memilih makanan atau camilan.

Tanyakan pada diri sendiri mengapa kamu memilih makanan khusus ini. Apakah kamu bosan? Atau benar-benar lapar? Apa mungkin kesal atau stres?

Dengan memperhatikan pikiran dan emosi, maka kamu akan lebih fokus pada apa yang sebenarnya terjadi sehingga bisa tidak makan berlebihan.

2) Rencanakan makanan
Merencanakan dan menyiapkan makanan dapat membantu mencegah kamu menjadi korban makanan cepat saji dan camilan lainnya.

Jika kamu akan keluar untuk dinner misalnya, periksa menu sebelum pergi ke restoran agar kamu tahu apa yang kamu ingin.

Bawa bekal makan siang sendiri ke kantor sehingga kamu tidak perlu pergi ke kantin atau tempat fast food.

Dengan cara ini, kamu bisa menyiapkan makanan sehat untuk kamu sendiri menggunakan bahan-bahan berkualitas.

3) Makan lebih banyak protein dan serat
Protein adalah nutrisi berharga yang memasok tubuh kamu dengan asam amino untuk memulihkan jaringan otot, bersama dengan banyak peran lainnya.

Protein membutuhkan waktu lebih lama untuk sistem pencernaan, jadi kamu akan merasa kenyang lebih lama.

Serat juga dapat membantu mencegah mengambil porsi makanan berlebihan. Karena serat membuat kamu kenyang tetapi hanya mengandung sedikit kalori.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan