Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Juni 14, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Mau Melamar untuk Pekerjaan Jarak Jauh? Coba Ubah Resumemu

Topcareer.id – Mendapatkan pekerjaan jarak jauh membutuhkan lebih dari sekadar memberi tahu teman dan perekrut. Dalam materi lamaran kerja, fokusnya bukan pada perjalanan pribadimu, tetapi pada bagaimana pengalaman dan keterampilan virtual masa lalu membuatmu cocok untuk pekerjaan ini.

“Kamu harus menyusun resumemu dengan mempertimbangkan apa yang perusahaan butuhkan dan harapkan darimu untuk berhasil dalam peran tersebut,” kata Konsultan Karier Jarak Jauh Fabrizia Zanca, dikutip dari Huffpost. Berikut cara mengubah resume untuk mencoba melamar pekerjaan remote.

1. Pamerkan setiap dan semua pengalaman kerja jarak jauh

“Jika kamu pernah bekerja jarak jauh dari rekan kerjamu, lintas zona waktu atau jarak fisik, itu penting. Jika kamu pernah bekerja dari rumah sesekali atau secara teratur, itu penting,” kata Brie Weiler Reynolds, manajer pengembangan karier dan pelatih di FlexJobs dan Remote.co.

“Jika kamu memperoleh gelar atau sertifikasi online, itu penting. Jika kamu menjadi sukarelawan dalam sebuah proyek di mana kamu melakukan sebagian besar pekerjaan dari kantor pusat, itu penting.”

Kamu dapat memasukkan ini dalam deskripsi pekerjaan sebelumnya dengan pernyataan seperti, “Memimpin tim yang terdiri dari lima perwakilan layanan pelanggan di lingkungan kerja yang sepenuhnya jauh, dan berhasil mendapatkan peringkat kepuasan tim rata-rata 94%,” katanya.

Reynolds menambahkan, kalau perlu secara jelas menunjukkan jabatan masa lalu dengan bahasa seperti, “Direktur Pemasaran (100% Pekerjaan Jarak Jauh).”

2. Pastikan keterampilan teknologi virtualmu ditampilkan dengan jelas

Perekrut memindai resume dengan cepat. Jika kamu tahu perusahaan tempatmu melamar menggunakan platform seperti Asana atau Slack, kamu ingin segera menjelaskan bahwa kamu tahu cara menggunakannya dengan baik.

Baca juga: Simak, Ini Tips Memulai Bisnis Untuk Anak Kuliahan

Zanca mengatakan, buat daftar keahlianmu yang terkait dengan tools pekerjaan jarak jauh di bagian atas halaman pertama resume atau di tempat di mana itu ditampilkan dengan jelas.

3. Tidak punya pengalaman virtual? Ada cara untuk mendapatkannya

Jika kamu tidak memiliki pengalaman bekerja terpisah dari orang lain dan beralih karier secara radikal, jangan putus asa. Pelatih pekerjaan jarak jauh Jordan Carroll, mengatakan kamu harus terlebih dahulu mengidentifikasi keterampilan mana yang kamu lewatkan untuk peran yang kamu inginkan untuk bekerja dengan orang-orang yang sudah pernah remote working.

“Buatlah daftar orang-orang di jaringanmu yang sudah memiliki peran itu. Mereka mungkin bekerja secara virtual, atau jarak jauh, atau mereka memiliki pekerjaan yang kebanyakan mereka lakukan dari komputer. Mereka mungkin pemilik bisnis yang memiliki perusahaan yang mempekerjakan orang secara virtual,” kata Carroll.

Meminta mereka untuk bekerja denganmu mungkin mengharuskanmu melakukan pekerjaan secara gratis, tetapi dengan mengambil beberapa tugas sebagai imbalan bimbingan. Kamu tidak hanya mendapatkan pengalaman untuk resume, kamu juga mendapatkan praktik dunia nyata untuk pekerjaan yang diinginkan.**(Feb)

Tinggalkan Balasan