Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Juni 14, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ini Posisi Tempat Duduk di Kantor yang Tingkatkan Produktivitas

posisi tempat duduk di kantorFoto Ilustrasi suasana karyawan sedang bekerja di kantor. Foto. Topcareer/Wulan

Topcareer.id – Dengan lebih banyak tempat kerja yang dibuka kembali, pembatasan kesehatan masyarakat semakin longgar. Para ahli menawarkan tips memilih tempat duduk yang tepat untuk membantumu menjadi lebih produktif saat kembali ke kantor.

Berikut pendapat para ahli tentang memilih tempat yang tepat untuk bekerja di kantor, melansir laman CNBC Make It.

Menghadap ke ruangan yang sedikit orang

Sebuah studi yang baru-baru ini diterbitkan oleh para akademisi di University College London menemukan bahwa duduk di meja yang menghadap ke ruangan dengan sedikit orang yang tampak menghasilkan peluang yang jauh lebih tinggi untuk pekerjaan terfokus dan produktivitas yang dirasakan.

Namun, kursi yang menghadap terlalu banyak orang membuat lingkungan kurang mungkin untuk dianggap mendukung identitas tim, berbagi informasi, bertemu orang lain dengan cara yang terencana, berkonsentrasi pada tugas dan bekerja secara produktif.

Baca juga: 5 Tips Menghilangkan Sikap Negatif Di Tempat Kerja

Studi tersebut menyurvei 172 pekerja di kantor pusat perusahaan teknologi global di London, dan dilakukan sebelum pandemi.

Kerstin Sailer, salah satu penulis studi tersebut, mengatakan kepada CNBC melalui video call bahwa secara psikologis jika seorang pekerja melihat banyak rekan kerja mereka duduk di meja tepat di hadapan mereka, pekerja ini tidak ingin mengganggu mereka, jadi ada rasa solidaritas dalam diri mereka di tempat kerja.

Ada juga gangguan visual dan kebisingan yang lebih besar jika semakin banyak orang yang menghadap ke meja. Studi kecil juga menunjukkan bahwa kursi dekat jendela lebih disukai dalam hal memungkinkan pekerja memiliki fokus yang lebih besar, jika dibandingkan dengan kursi dekat dinding.

Sekali lagi, Sailer mengatakan ini kemungkinan terkait dengan preferensi manusia yang berurat berakar untuk memiliki paparan lebih banyak siang hari.

‘Posisi power’

Linda Chu, pendiri konsultan solusi pengorganisasian profesional Out of Chaos, mengatakan kepada bahwa ada prinsip yang terkait dengan Feng Shui tentang manfaat berada dalam “posisi yang kuat”.

“Kamu merasa lebih berkuasa ketika kamu memiliki dukungan yang kuat, jadi dengan tembok di belakangmu misalnya, yang merupakan sinyal kekuatan, tetapi yang sebenarnya berarti secara intuitif adalah bahwa tidak ada orang di belakangmu yang dapat datang dan menyelinap ke arahmu tanpa menyadarinya,” Chu menjelaskan.

Serupa dengan itu, Lily Bernheimer, direktur pendiri di konsultan psikologi lingkungan Space Works Consulting, menyarankan agar orang-orang duduk di tempat yang dia sebut “kursi anti-ninja” jika memungkinkan.

Dia menjelaskan bahwa kursi anti ninja adalah kursi dengan punggung menghadap ke dinding, “memberikan rasa perlindungan dan keamanan.”

Bernheimer juga mengatakan pekerja harus berusaha untuk mencoba memposisikan diri mereka dengan tampilan jendela yang baik di luar ruangan, karena ini dapat meningkatkan fungsi mental hingga 25%.**(Feb)

Tinggalkan Balasan