Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juni 12, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Waspada Pertanyaan Menjebak dari Rekan Kerja Toxic (Bagian 2)

Dok. Business Insider

Topcareer.id – Setiap tempat kerja punya keunikannya sendiri. Jika beruntung kamu punya teman seumur hidup, tapi kadang kamu berakhir dengan rekan kerja yang beracun. Secara tidak langsung rekan kerja toxic ini akan membuatmu berada dalam masalah dalam jangka panjang.

Melansir Ladders, berikut beberapa pertanyaan umum yang harus diperhatikan dari kolega yang beracun dan negatif, mulai dari permintaan berbasis gosip hingga cara licik untuk membuatmu mengakui sesuatu yang dapat mereka gunakan untuk melawanmu nanti.

3. Menanyakan pendapatmu tentang rekan kerja atau atasan

“Salah satu pertanyaan jebakan paling umum yang pernah saya lihat adalah rekan kerja menanyakan pendapatmu tentang pemimpin tim, supervisor, atau manajermu,” jelas CEO yang berbasis di Inggris, Brett Downes.

“Niat mereka adalah memberi umpan balik kepada mereka sehingga bisa dapat hal-hal negatif yang keluar dari mulutmu.”

Menurut Downes, kita mudah untuk dibodohi dengan berpikir bahwa mereka memiliki pola pikir yang sama dengan kita dan hanya bergosip, yang dapat membuat orang mengatakan lebih dari yang seharusnya.

Ini masih merupakan pelanggaran kepercayaan tetapi dapat membawamu ke dalam masalah, dilewatkan untuk promosi.

4. “Apakah kamu tidak setuju?”

“Ada banyak jebakan beracun yang akan coba ditarik orang, tetapi yang paling sering saya lihat adalah siklus pembenaran,” jelas Adam Chase, Presiden di Music Minds.

“Apa pun yang mereka negatifkan saat ini, mereka akan mencoba menarikmu masuk. Mereka akan menarik emosimu, pada perasaan benar dan salah, terkadang bahkan untuk logika dan alasan, apapun yang diperlukan untuk membuatmu melihat sesuatu dengan cara mereka.”

Baca juga: Dapat Tawaran Di Tempat Lain Saat Masih Bekerja? Pertimbangkan Ini (Bagian 1)

Namun, jika kamu memperkuat pandangan mereka dengan menyetujui pendapat mereka, pada dasarnya itu menjadi sepuluh kali lebih buruk dan mereka akan merasa seperti kamu adalah orang yang aman untuk dikunjungi di masa depan untuk kata-kata kasar serupa.

“Jika kamu mendapati diri sedang dipancing oleh seseorang dengan cara ini, jangan terlibat atau menjawab pertanyaan mereka,” kata Chase.

5. Apapun yang berhubungan dengan politik

Pertanyaan dan percakapan jebakan dapat mencakup percakapan tentang dinamika tempat kerja, kepribadian anggota tim, dan produk kerja, tetapi juga dapat bersandar pada politik.

Meskipun membicarakan politik bisa menjadi produktif dan menarik di luar tempat kerja, karyawan harus berusaha sekuat tenaga untuk menghindari percakapan yang berkaitan dengan topik ini di kantor.

“Sangat berguna bagi karyawan untuk menyiapkan respons standar dan siap digunakan saat rekan kerja yang beracun mencoba melibatkan mereka dalam perilaku yang membuat karyawan lain tidak nyaman,” kata Kia Roberts, Kepala Sekolah dan Pendiri Investigasi Segitiga.**(Feb)

Tinggalkan Balasan