Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Juni 25, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Waktu Terbaik Berolahraga untuk Kesehatan Metabolisme

Sumber foto; India Times

Topcareer.id – Penelitian menemukan kapan waktu terbaik untuk berolahraga demi kesehatan metabolisme.

Para peserta penelitian berolahraga selama 5 hari berturut-turut, sambil mengonsumsi makanan tinggi lemak..

Hasilnya setelah 5 hari pertama mengonsumsi lemak, kolesterol LDL yang tidak sehat dari peserta meningkat.

Darah mereka juga mengandung berbagai molekul tertentu yang terkait dengan masalah metabolisme dan kardiovaskular.

Namun, perubahan pola berolahraga menunjukkan risiko yang lebih baik untuk penyakit jantung koroner.

Tim olahraga pagi tidak banyak mengurangi hasil buruk ini. Mereka mengkonfirmasi peningkatan kolesterol LDL yang sama.

Untuk tim olahraga malam justru mengurangi dampak terburuk dari pola makan yang buruk.

Orang yang berolahraga malam hari memastikan penurunan kadar kolesterol setelah 5 kali latihan.

Dan juga memperbaiki pola molekul yang terkait dengan kesehatan kardiovaskular dari aliran darah mereka.

Secara mengejutkan, mereka mengembangkan manajemen gula darah yang lebih baik sepanjang malam setelah latihan saat mereka tidur.

Hasil dari temuan ini adalah bahwa olahraga malam bisa membawa beberapa perubahan yang menyertai rejimen makanan tinggi lemak.

Penelitian ini tidak memberi tahu kami bagaimana atau mengapa olahraga malam lebih praktis dalam meningkatkan kesehatan metabolic.

Baca juga: Kenali Gejala Gangguan Metabolisme Tubuh yang Harus Kamu Perhatikan

Dr. Moholdt, seorang ilmuwan olahraga di Universitas Sains dan Teknologi Norwegia menduga olahraga malam berdampak lebih baik pada jam molekuler dan ekspresi gen daripada aktivitas pagi hari.

Dia dan rekan-rekannya berharap dapat mempelajari poin-poin ini dalam penelitian di masa mendatang.

Dan juga berharap melihat hasil olahraga di antara wanita dan orang yang lebih tua, selain interaksi waktu olahraga dan tidur.

Untuk saat ini, dia memperingatkan bahwa tes ini sama sekali tidak berarti bahwa olahraga pagi tidak baik untuk kita.

Laki-laki yang berolahraga menjadi lebih cocok secara aerobik, katanya, terlepas dari waktu latihan mereka.

“Saya tahu orang-orang mengetahui hal ini,” katanya, “tetapi olahraga apa pun lebih baik daripada tidak berolahraga.” Jelasnya.

“Berolahraga di malam hari, bagaimanapun, mungkin memiliki manfaat yang berbeda untuk meningkatkan metabolisme lemak dan manajemen gula darah, terutama jika Anda mengonsumsi diet makanan berlemak tinggi,” tuturnya.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan