Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, August 13, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kenali Gejala Gangguan Metabolisme Tubuh yang Harus Kamu Perhatikan

Ilustrasi. Sumber foto: Make a difference marketingIlustrasi. Sumber foto: Make a difference marketing

Topcareer.id – Ketika ada sesuatu yang salah dengan kesehatanmu, mungkin sulit untuk menentukan sumber masalahnya, terutama ketika memiliki banyak gejala.

Satu area yang mungkin dilupakan adalah metabolisme, atau sistem yang mengubah makanan menjadi energi. Ketika metabolisme bekerja dengan baik, ia harus aktif seperti drive disk komputer. Tetapi jika itu rusak, kamu bisa melihat tanda-tandanya.

Metabolisme dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Pola makan yang tidak baik juga dapat berdampak negatif terhadap metabolisme. Dikutip dari Bustle.com, di bawah ini tanda-tanda bahwa metabolisme kamu sedang menurun atau mengalami gangguan.

Baca juga: Selain Jaga Imunitas, Vitamin D Bikin Otot Kuat

Mudah lelah
Jika kamu lelah sepanjang waktu, apa pun itu, itu bisa menjadi pertanda metabolisme yang kurang aktif atau melambat. Tubuh berusaha memberi tahu ada sesuatu yang salah. Jika kamu merasa sering lelah, kemungkinan besar tubuh kamu tidak mendapatkan perhatian yang cukup. Cobalah untuk mendapatkan tidur yang cukup untuk mengembalikan metabolisme kamu ke jalur yang benar.

Suasana hati naik dan turun
Banyak orang pernah mengalami suasana hati negatif ketika hormon berubah, jadi bisa diketahui bahwa metabolisme dapat berperan dalam suasana hati. Penelitian menunjukkan bahwa banyak gangguan neuropsikiatrik sering terjadi bersamaan dengan gangguan metabolisme.

Menstruasi tidak teratur
Kelenjar tiroid bertanggung jawab untuk memproduksi hormon yang menjaga metabolisme tubuh, dan gejala masalah tiroid adalah menstruasi yang tidak teratur. Selain itu, faktor gaya hidup seperti olahraga berlebihan atau stres dapat mengacaukan menstruasi dan metabolisme.

Baca juga: Ternyata, Menulis Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh

Merasa tertekan
Gangguan mood dan kejiwaan seringkali terkait erat dengan kesehatan metabolisme, dan depresi bisa menjadi gejala dari metabolisme yang melambat.

Selalu Lapar
Karena metabolisme mengatur bagaimana apa yang kamu makan diproses menjadi energi, jika metabolisme kamu tiba-tiba berjalan cepat dan membuatmu merasa lapar sepanjang waktu, ada baiknya berbicara dengan dokter tentang perubahan ini, itu mungkin merupakan tanda hipertiroidisme.

Baca juga: Waspada Corona, Ini Menu Ideal Buka Puasa Agar Sistem Imunitas Tubuh Terjaga

Rambut rontok
Metabolisme mengatur hampir semua fungsi tubuh, termasuk seberapa cepat rambut tumbuh dan seberapa cepat rambut rontok. Satu studi menemukan bahwa orang dengan sindrom metabolik berada pada risiko tinggi untuk androgenetic alopecia, sejenis rambut rontok yang sering terlihat pada orang dengan sindrom ovarium polikistik.

Walaupun rambut rontok dapat disebabkan oleh semua jenis faktor, ada baiknya berbicara dengan dokter tentang hal ini untuk mengetahui penyebabnya.

Suhu tubuh rendah
Proses metabolisme yang digunakan tubuh untuk mengubah energi menjadi makanan adalah yang membantu tubuh menghasilkan panas. Metabolisme meningkat ketika makan karena itu menciptakan panas untuk membakar kalori menjadi energi.

Jadi, ketika ada masalah konstan dengan suhu tubuh yang terlalu rendah, ini berpotensi sebagai tanda metabolisme yang bermasalah. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply