Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Juni 14, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Dapat Kritik Pedas dari Atasan, Segera Lakukan Ini

Topcareer.id – Terkena kritik atau penilaian jelek dari atasan memang bikin stres. Apalagi jika kamu merasa sudah melakukan semuanya semampu kamu.

Namun, jangan buru-buru menanggapi ini dengan emosional. Karena apa yg kamu lakukan akan sangat mempengaruhi karier kamu di tempat tersebut untuk kedepannya.

Oleh karena itu, seperti dikutip dari The Balance Careers, cobalah untuk menghadapinya dengan langkah-langkah ini:

Menenangkan diri
Hal pertama yang harus kamu lakukan saat mendapat kritik adalah diam. Tenangkan dulu diri kamu sebelum mengambil langkah apapun.

Wajar memang untuk merasa marah atau sedih, tapi seperti yang dijelaskan di atas, terburu-buru merespons, apalagi didasari emosi, bisa membuatmu menyesal nantinya.

Baca juga: Tips Tetap Elegan saat Dihujani Kritik

Analisa kritik yang kamu dapatkan
Beri waktu minimal 24 jam untuk menganalisa kritik yang kamu dapatkan. Coba pahami feedback yang kamu dapat.

Tanyakan pada diri sendiri, apakah kritikan ini benar adanya, atau hanya muncul untuk menyerangmu, atau atas tuduhan sepihak, Pikirkan semua ini dengan objektif, sebelum kamu menyimpulkannya.

Temui atasan kamu
Setelah tenang, cobalah berkomunikasi dengan atasanmu secara face to face untuk membahas tentang kritik ini.

Jika kritik yang disampaikan padamu benar adanya, terimalah dengan baik, lalu sampaikan apa saja yang kamu bisa lakukan untuk memperbaikinya.

Jika kritik tersebut dirasa salah, atau hanya datang sepihak, jelaskan kebenarannya. Lakukan ini dengan sopan dan tanpa berniat menyinggung atasan kamu.

Kabarkan perkembangan
Informasikan perkembangan apa saja yang kamu lakukan, agar atasan mengetahui jika kamu benar-benar memahami poin dari kritik, dan berusaha untuk memperbaikinya. Tetap semangat ya!**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan