Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, December 4, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Tetap Elegan saat Dihujani Kritik

Ilustrasi. (dok. Getty Images)

Topcareer.id – Tak ada manusia yang sempurna, termasuk di dunia kerja. Meski kita merasa sudah melakukan pekerjaan dengan baik, terkadang yang namanya kritik tidak bisa dihindarkan.

Kalau kata-kata pedas itu sudah datang, ada banyak pilihan yang bisa kita lakukan. Mulai dengan menanggapinya secara emosional, atau tetap elegan dengan 3 tips berikut ini.

Hadapilah dengan pikiran terbuka
Meski pedas, kritik itu bisa membantu kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi lho, tergantung bagaimana kamu menanggapinya.

Kadang, di dalam kritik, kamu bisa menemukan ide baru atau solusi yang lebih baik. Di sisi lain, kritikan juga bisa kamu jadikan cambukan agar bisa memberikan karya atau hasil kerja yang lebih baik lagi di kemudian hari.

Jadi, sebelum terlanjur marah dan berubah jadi Hulk, ucapkan terimakasih pada pemberi kritik, lalu telaah dengan seksama. Singkatnya, ambil yang baik, dan buang yang buruk.

Baca juga: 8 Tanda Kesepian yang Jarang Disadari (Bagian 1)

Perhatikan motivasinya
Jika pikiran kamu jernih, secara perlahan kamu bisa memahami motivasi dari pemberi kritik.

Terkadang, meski datang dari orang yang tidak memiliki pengalaman atau pengetahuan yang cukup di bidang yang kamu geluti, pernyataan jujur mereka terhadap apa yang mereka rasakan bisa jadi sesuatu yang membangun.

Namun sebaliknya, meski datang dari orang yang ahli di bidangnya, jika mereka berniat buruk, isi kritikan mereka akan terdengar mengada-ada.

Untuk menentukan hal ini, kamu bisa membahasnya dengan orang terdekat yang bisa dipercaya. Jika pada akhirnya kamu menemukan penilaian yang tulus, terimalah dan anggap sebagai ladang untuk intropeksi. Namun, jika kamu sadar bahwa kritikan yang kamu dapat hanyalah bentuk lain dari iri atau niat buruk lainnya, kamu bisa mengabaikannya.

Baca juga: 8 Tanda Kesepian yang Jarang Disadari (Bagian 2)

Bagikan kemajuan kamu
Nah, setelah menghadapi kritik dengan baik. Sekarang waktunya untuk bersinar. Hal ini bisa kamu lakukan dengan memperlihatkan kemajuan yang kamu dapat berdasarkan kritikan tadi. Dengan begini, kamu akan terlihat profesional, elegan, dan penuh rasa hormat terhadap sesama.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply