Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, Juni 13, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Ceko Membuka Kembali Restoran dan Menerima Turis Asing

Topcareer.id – Kabar baik mengenai perkembangan situasi pandemi COVID-19 datang dari salah satu negara di Eropa yakni Republik Ceko.

Ceko kini telah sepenuhya membuka kembali restoran, bar, klub malam, perhotelan dan bisnis lain sepenuhnya.

Sehingga Ceko kini dapat melayani pelanggan di dalam ruangan mulai Senin (31/5), Menteri Kesehatan Adam Vojtech mengatakan hari Jumat (28/5).

Ia juga mengumumkan pelonggaran pembatasan COVID-19 yang lebih cepat dari yang direncanakan menyusul keputusan pengadilan.

Pemerintah Ceko yang memerangi gelombang kedua pandemi terparah di dunia, telah merencanakan untuk membuka fasilitas dalam ruangan mulai Juni 2021.

Namun, karena situasinya semakin terus membaik dan angka program vaksinasi juga meningkat, pelonggaran pembatasan pun mulai berlaku.

Pekan lalu, Pengadilan Tata Usaha Tertinggi negara itu memutuskan bahwa pembatasan total pada restoran adalah illegal.

Keputusan tersebut berdasarkan tindakan atas pengajuan keluhan dari banyak pelanggan.

“Saya tidak sepenuhnya senang bahwa kami harus melakukan pelonggaran radikal pada satu saat. Jika bukan karena keputusan pengadilan, maka saya akan menyarankan untuk tetap berpegang pada tanggal 14 Juni (rencana pembukaan kembali),” kata Vojtech.

Restoran di Republik Ceko telah mendapat ijin melayani pelanggan di luar ruangan sejak 17 Mei. Sekolah juga telah buka kembali.

Baca juga: Jauh Sebelum Negara Lain, Republik Ceko Perintahkan Warganya Selalu Pakai Masker

Mulai Senin (31/5), kolam renang, sauna, dan kasino juga akan buka kembali, sementara jumlah pengunjung yang boleh datang di acara budaya dan olahraga pasti juga akan meningkat.

Untuk restoran, tes mandiri COVID-19 sudah cukup, sementara tempat lain yang mendapat ijin buka, orang harus menjalani tes secara profesional.

Ceko juga akan terbuka untuk wisatawan sementara ini dari tujuh negara yakni Slovakia, Hongaria, Polandia, Slovenia, Kroasia, Austria dan Jerman.

Pada Jumat (28/5), jumlah tujuh hari laporan kasus per 100.000 turun. Awal tahun ini Ceko sempat memiliki kasus infeksi dan tingkat kematian COVID-19 per kapita tertinggi di dunia.

Sekarang jumlah vaksinasi harian telah mencapai sekitar 100.000 di negara berpenduduk 10,7 juta itu.

Ceko telah mendistribusikan total 5 juta dosis vaksin sejauh ini, dan 1,37 juta orang kini telah menerima dua dosis.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan