Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juni 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

8 Pertanyaan Licik Perekrut untuk Mengetahui Usiamu (Bagian 1)

wawancara kerjaDok. Flickr

Topcareer.id – Tentu, perekrut tidak bisa langsung menanyakan usiamu — tetapi sudah menjadi sifat manusia untuk ingin tahu tentang detail pribadi orang yang kamu kenal.

Karena itu, kamu mungkin ingin mempersiapkan jawaban untuk pertanyaan licik yang mungkin coba diselipkan oleh perekrut atau manajer perekrutan ke dalam percakapan untuk mengetahui usia. Melansir Ladders, berikut beberapa pertanyaan yang paling diajukan dan akan menunjukkan usiamu.

1. Alamat email apa yang kamu gunakan?

Menurut Jodi Branstetter, Author of Hire By Design, kamu tidak boleh menggunakan tahun lahir di alamat emailmu. “Jika saya menggunakan jodi1979@gmail.com, misalnya, pemberi kerja akan menebak bahwa saya lahir pada tahun 1979 dan menganggap saya berusia 41 atau 42 tahun!”

Terlebih lagi, jika kamu masih menggunakan alamat hotmail atau msn, perekrut kemungkinan akan menganggapmu lebih tua. Cara terbaik untuk menghindari memberikan usiamu adalah dengan membuat akun gmail yang bersih — nama depan dan nama belakang sudah cukup.

2. Apakah Anda ingin pensiun?

Menurut Andrew Fennell, mantan perekrut dan direktur di StandOut CV, mereka mungkin bertanya apakah kamu akan segera pensiun, dan berapa lama waktu yang tersisa sampai kamu pensiun.

Baca juga: 5 Kesalahan Resume Yang Membuatmu Terlihat Seperti Narsisis

Kamu sama sekali tidak diwajibkan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan semacam ini — tetapi jika matamu berkilau saat membayangkan gambar pohon palem di tepi kolam renang, Anda mungkin memberi jalan pada perekrut.

3. Kapan kamu mendapatkan vaksin Covid?

Meskipun tidak ada paspor vaksin untuk sebagian besar bidang pekerjaan saat ini, topik vaksin Covid mungkin akan muncul dengan sangat baik.

Menurut Fennell, dalam kondisi saat ini, mereka dapat menanyakan apakah dan kapan kamu sudah mendapatkan vaksin COVID untuk menentukan kelompok usiamu.

4. Apakah kamu satu sekolah dengan seseorang yang saya kenal?

Menurut Henry Dalziel, perekrut di Growth Hackers Hong Kong, cara licik dia melihat perekrut mencoba menebak usia seseorang adalah dengan berpura-pura mengenal seseorang di perguruan tinggi atau universitas yang sama dengan calon karyawan.

“Orang yang diwawancarai akan mencoba menjawab sebaik mungkin, dan kemudian perekrut hanya akan bertanya, ‘baik, kapan Anda lulus?’ – dan dengan begitu mereka akan memiliki jawaban untuk usiamu.”

Tinggalkan Balasan