Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, Juni 13, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Begini Ternyata Cara Kerja Efek Placebo!

Dok/Vox

Topcareer.id – Dalam dunia pengobatan, placebo kerap dijadikan bagian dari penelitian, untuk membantu para peneliti memahami efek obat yang sedang mereka kembangkan.

Plasebo, yang artinya bisa disederhanakan sebagai pil, suntikan atau pengobatan palsu ini biasanya akan diberikan secara diam-diam kepada satu dari sekian orang yang sedang menjalani percobaan di penelitian tersebut.

Peneliti kemudian membandingkan efek obat dan placebo pada orang-orang dalam penelitian tersebu, untuk menentukan keefektifan obat baru, sekaligus efek sampingnya.

Lalu, bagaimana Cara Kerja Efek Placebo?
Penelitian tentang efek plasebo difokuskan pada hubungan pikiran dan tubuh. Salah satu teori yang paling umum adalah bahwa efek plasebo disebabkan oleh ekspektasi seseorang.

Jika seseorang mengharapkan pil melakukan sesuatu, maka kemungkinan kimiawi tubuh sendirilah yang akan bisa menyebabkan efek yang mirip dengan apa yang mungkin disebabkan oleh obat yang sesungguhnya.

Misalnya, dalam sebuah penelitian, orang diberi plasebo dan diberi tahu bahwa itu adalah stimulan. Setelah minum pil, denyut nadi mereka meningkat, tekanan darah mereka meningkat, dan kecepatan reaksi mereka meningkat.

Baca juga: Perbedaan Generalis dan Spesialis di Dunia Kerja

Ketika orang diberi pil yang sama dan diberi tahu itu untuk membantu mereka tidur, mereka justru mengalami efek sebaliknya.

Para ahli juga mengatakan bahwa ada hubungan antara seberapa kuat seseorang mengharapkan hasil dan apakah hasil terjadi atau tidak. Semakin kuat perasaannya, semakin besar kemungkinan seseorang akan mengalami efek positif.

Hal yang sama tampaknya berlaku untuk efek negatif. Jika orang berharap mengalami efek samping seperti sakit kepala, mual, atau kantuk, kemungkinan besar reaksi tersebut terjadi.

Fakta bahwa efek plasebo terkait dengan ekspektasi tidak menjadikannya khayalan atau palsu. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada perubahan fisik aktual yang terjadi dengan efek plasebo, misalnya peningkatan produksi endorfin tubuh sebagai pereda nyeri alami tubuh.

Satu masalah dengan efek plasebo adalah sulitnya membedakan dari efek obat yang sebenarnya selama penelitian. Menemukan cara untuk membedakan antara efek plasebo dan efek pengobatan dapat membantu meningkatkan pengobatan dan menurunkan biaya pengujian obat.**(Feb)

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan