Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Desember 2, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Untuk Kinerja Baik, Kapan Waktu Minum Kopi yang Tepat?

Ilustrasi: America Cancer Society

Topcareer.id – Mereka yang mengandalkan kopi untuk tetap waspada di tempat kerja sangat akrab dengan manfaatnya. Tapi, mereka yang mengonsumsi banyak kafein juga dapat mengalami efek samping negatif.

Tapi kita tahu bahwa perasaan waspada setelah minum kopi rata-rata bisa bertahan hingga enam jam. Itu sebabnya waktu juga penting. Jadi kapan waktu terbaik untuk minum kopi jika kamu menginginkan dorongan terbaik di tempat kerja? Inilah yang dikatakan para peneliti dan ahli gizi, melansir HuffPost.

Waktu idealmu mungkin dipengaruhi oleh usiamu

Untuk orang dewasa muda yang lelah, kopi pagi dapat membantu meningkatkan kinerja. Satu studi yang diterbitkan pada tahun 2016 melibatkan mahasiswa yang merupakan peminum kopi biasa.

Peneliti menguji mereka pada ujian memori pada pukul 6 pagi dan 2 siang, dan menemukan bahwa mereka yang diberi minuman kopi sebelum ujian pagi menunjukkan peningkatan kinerja. Mereka yang diberi kopi sebelum tes sore tidak.

Tapi jangan abaikan manfaat kopi sore. Orang dewasa yang lebih tua cenderung mengalami penurunan kinerja memori dari pagi hingga sore, tetapi sebuah penelitian tahun 2002 pada orang di atas 65 tahun menemukan bahwa satu cangkir kopi, yang diminum 30 menit sebelum tes, benar-benar menghapus penurunan ini.

Tetapi itu juga tergantung pada biologi tubuhmu

Kafein dalam kopi mulai berlaku segera setelah dikonsumsi, jadi pertimbangkan kapan kamu harus paling “terjaga” sebelum kamu minum secangkir.

“Jika kamu adalah seseorang yang memiliki toleransi rata-rata terhadap kafein, maka setelah minum kopi, baik di pagi atau sore hari, kamu merasa lebih waspada dan fokus selama satu hingga enam jam ke depan,” kata Tamar Samuels, ahli diet terdaftar dan rekan -pendiri Culina Kesehatan.

Bagaimana kopi pada akhirnya membuatmu merasa saat bekerja tergantung pada biologi pribadimu.

Baca juga: Begini Ternyata Cara Kerja Efek Placebo!

“Apa yang kita pelajari adalah setiap sel tubuh kita memiliki jam biologisnya sendiri. Jika kamu menggunakan kafein untuk membangunkan otak, itu tidak berarti seluruh tubuhmu berada di zona waktu yang sama. Kamu mungkin bangun, tetapi kamu mungkin merasa lesu,” kata Zhaoping Li, seorang profesor kedokteran dan kepala divisi nutrisi klinis di University of California, Los Angeles.

“Bagaimana tubuh kita merespon makanan, nutrisi, termasuk kafein, sangat bervariasi. Setiap individu mungkin memiliki sweet spot mereka sendiri.”

Li mengatakan tidak ada penelitian konklusif tentang apakah kopi pagi atau sore adalah yang terbaik untuk semua profesional.

“Kami mencoba memperlakukan semua orang dengan cara yang sama, tetapi bukan itu masalahnya,” katanya, mencatat bahwa usia, etnis, dan budaya semuanya dapat memengaruhi waktu terbaik bagimu untuk minum kopi demi kinerja pekerjaan.

Untuk melakukan ini, Li menyarankan minum kopi pada jam kerja yang berbeda dan melihat bagaimana perasaanmu. Jika kamu tidak merasakan apa-apa, katanya, maka kamu mungkin harus mencoba waktu lain atau mengatur waktu secara berbeda dengan obat apa pun yang mungkin kamu pakai.

Tetapi jika kamu merasakan jantung berdebar-debar, insomnia atau kegelisahan yang gelisah, atau kamu sangat sensitif terhadap kafein atau tidak berencana untuk begadang, maka pastikan untuk tidak minum kopi terlalu larut di hari kerja.**(Feb)

Tinggalkan Balasan