Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, September 28, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Jawab Sopan “Apakah dalam Tahap Interview dengan Perusahaan Lain?”

interview kerjaDok. iStock

Topcareer.id – Ketika kamu sedang mencari peluang pekerjaan di mana-mana, kamu tentu akan menemui kondisi di mana mendapat banyak panggilan interview dari perusahaan. Tapi bagaimana seharusnya bersikap jujur ketika perekrut bertanya “Apakah Anda sedang dalam tahap interview dengan perusahaan lain?”

Kabar baiknya: Jika kamu ditanya apakah kamu sedang diinterview perusahaan lain, pemberi kerja kemungkinan besar menunjukkan minat yang kuat untuk mempekerjakanmu.

“Dalam pengalaman saya, pertanyaan ini biasanya pertanda positif karena itu berarti saya sudah tertarik. Jika saya tidak tertarik padamu, saya tidak peduli jika kamu diwawancarai orang lain,” kata Rob Cancilla, direktur senior di perusahaan perekrutan Hunt Club, dikutip Huff Post.

Bersikap jujur dapat membantu mempercepat proses wawancara dan menghasilkan lebih banyak tawaran pekerjaan. Tetapi ada cara yang bijaksana untuk menjawab pertanyaan ini.

Ketika ditanya tentang kemungkinan lain, jujurlah tentang tawaran dan wawancara terakhir. Itu membuatmu menjadi kandidat yang lebih menarik.

Jackie Cuevas, administrator sumber daya manusia nirlaba yang pernah bekerja sebagai perekrut, merekomendasikan untuk bersikap transparan jika kamu sedang diwawancarai di tempat lain.

Baca juga: Sst… Ternyata Begini Cara Perusahaan Screening CV

Ia menambahkan, jika sebuah perusahaan benar-benar menyukaimu, maka itu dapat memacu para pengambil keputusan untuk bergerak lebih cepat untuk memasukkanmu ke dalam tim.

Kamu dapat menjawab dengan mengatakan sesuatu seperti, “Saat ini, saya telah menyelesaikan wawancara terakhir dengan tiga perusahaan. Mereka mengatakan akan memberi tahu saya dalam beberapa minggu ke depan,” kata Cuevas.

Jika kamu tidak ada jadwal terdekat wawancara dengan perusahaan manapun, kamu dapat mengatakan sesuatu seperti, “Ya, saya secara aktif melamar peluang. Saya siap untuk babak berikutnya dalam hidup saya,” katanya.

Tentu saja, ketika kamu menyebutkan wawancara kerja lainnya, kamu perlu menjelaskan kepada atasan bahwa peran mereka adalah prioritas.

Salah satu caramu dapat melakukannya adalah dengan santai mengatakan, “Saya beruntung, dan saya benar-benar terlibat dengan banyak percakapan. Dari semua yang telah kita bicarakan, bahwa ini adalah peran yang paling saya minati,” kata Cancilla.

Apakah perlu menyebutkan perusahaan lain? Cancilla mengatakan bahwa kamu tidak perlu melakukannya, kecuali jika kamu berpikir bahwa penamaan brand perusahaan akan membuatmu menjadi kandidat yang lebih menarik.

Tidak apa-apa jika kamu tidak memiliki banyak wawancara dalam pekerjaan. Cancilla mencatat bahwa jika seseorang tidak diwawancarai di tempat lain, dia tidak akan berpikir, “Oh, orang ini tidak baik karena tidak ada orang lain yang mewawancarai mereka.”

Tinggalkan Balasan